FB My Tweet Website Owner Follow Twet Islami Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

Alumni Pendidikan Biologi Universitas Lampung

Powered by Blogger.

Category

Recent Comments

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Automatic Elvira Links Free Backlink Service, Links Building 4 Free Florists Links Text Back Link Exchange PR Checker HyperSmash Pingates Google Pagerank icon Free PageRank Checker Wahid Biyobe Free Web Submission Text Back Links Exchanges

Meta Tag Generator

PR Checker

Contoh RPP Berkarakter IPA Terpadu--Untuk SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Perubahan Fisika dan Kimia

-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     2 X 40’

Standar Kompetensi         :    4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.

Kompetensi Dasar            :     4.3   Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana.

Tujuan Pembelajaran      :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan fisika.
                                                2.     Menyebutkan ciri-ciri perubahan fisika.
                                                3.     Mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan fisika.
                                                4.     Menyebutkan perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
                                                5.     Menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan kimia.
                                                6.     Menyebutkan ciri-ciri perubahan kimia.
                                                7.     Mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan kimia.
                                                8.     Menyebutkan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :    Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

Metode Pembelajaran      :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Ceramah
                                                -       Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah merebus air tergolong perubahan fisika atau perubahan kimia?
            -     Apakah gula pasir yang telah dicampur dengan air dapat dipisahkan kembali?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah ciri-ciri perubahan fisika?
            -     Bagaimana sebab-sebab terjadinya perubahan fisika?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.   Kegiatan Inti       
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan fisika.
F     Menyebutkan ciri-ciri perubahan fisika.
F     Mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan fisika.
F     Menyebutkan perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
F     Menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan kimia.
F     Menyebutkan ciri-ciri perubahan kimia.
F     Mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan kimia.
F     Menyebutkan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perubahan fisika dan menye-butkan beberapa contohnya.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sebab-sebab terjadinya peru-bahan fisika (pelepasan dan pengambilan panas, pencampuran zat; selama zat-zat yang bercampur tidak membentuk zat baru dan di potong atau dibelah).
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil es batu, air, gelas kimia, gula, teh dan pengaduk.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen perubahan fisika.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perubahan kimia dan menye-butkan beberapa contohnya.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sebab-sebab terjadinya peruba-han kimia ( pembakaran, pencampuran zat, dan aliran listrik).
F     Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengenai peru-bahan kimia.
F     Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan kertas putih, korek api, tabung reaksi, larutan natrium hidroksida dan larutan asam klorida.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melaku-kannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan untuk membandingkan karakteristik perubahan fisika dan kimia.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku kerja.
c.   Alat praktikum



Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-          Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia
-          Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan
Tes tertulis


Tes unjuk kerja
PG



Uji petik kerja
Gula larut dalam air merupakan perubahan fisika karena ....
a. terjadi zat baru
b. tidak terjadi zat baru
c. gula mencair
d.gula bereaksi

Tunjukkan melalui percobaan perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisika!


                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Wahid Priyono - Sunday, 30 September 2012 - 12:30

Belum ada komentar untuk "Contoh RPP Berkarakter IPA Terpadu--Untuk SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Perubahan Fisika dan Kimia"