Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     3 X 40’

Standar Kompetensi         :     5.     Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

 

Kompetensi Dasar            :     5.2   Menganalisa data percobaan GLB dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Tujuan Pembelajaran      :     Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan pengertian gerak dan sifatnya.
2.          Membedakan pengertian perpindahan dan jarak.
3.          Menjelaskan pengertian kelajuan.
4.          Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan.
5.          Menjelaskan pengertian GLB.
6.          Menjelaskan ciri GLB.
7.          Mengamati GLB.
8.          Menjelaskan pengertian kecepatan.
9.          Menjelaskan pengertian gerak lurus berubah beraturan.
10.      Menjelaskan pengertian percepatan.
11.      Mengamati gerak lurus dipercepat beraturan.
12.      Menyebutkan gerak lurus berubah beraturan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :     Gerak

 

Metode Pembelajaran      :     Model

-       Direct Instruction (DI)

-       Cooperative Learning
Metode
-       Diskusi kelompok
-       Ceramah
-       Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan


PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah mobil yang melintas di jalanan tergolong melakukan gerak?
            -     Bagaimana cara menghitung kelajuan rata-rata mobil yang sedang bergerak?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan gerak?
            -     Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kelajuan suatu benda?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak dan sifatnya.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa contoh gerak.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perpindahan, jarak dan kelajuan.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menjelaskan faktor-faktor yang mem-pengaruhi kelajuan suatu benda.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Guru memberikan contoh soal cara menghitung kelajuan suatu benda.
F     Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kelajuan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
F     Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F     Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

§     Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            - Apakah tujuan lintasan rel kereta api harus dibuat lurus dan mendatar?
            - Gerak jatuh peloncat indah tergolong GLB atau GLBB?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan GLB?
            -     Apakah ciri dari gerak lurus berubah beraturan?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan pengertian GLB.
F     Menjelaskan ciri GLB.
F     Mengamati GLB.
F     Menjelaskan pengertian kecepatan.
F     Menjelaskan pengertian gerak lurus berubah beraturan.
F     Menjelaskan pengertian percepatan.
F     Mengamati gerak lurus dipercepat beraturan.
F     Menyebutkan gerak lurus berubah beraturan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian GLB dan cirinya.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai contoh GLB.
F     Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil pewaktu ketik dan sebuah mobil mainan.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati GLB.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kecepatan dan percepatan suatu benda.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian GLBB dan cirinya.
F     Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati gerak lurus dipercepat beraturan.
F     Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan papan, balok kayu, sebuah mobil mainan dan pewaktu ketik.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan untuk membandingkan karakteristik GLB dan GLBB.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Guru memberikan contoh soal cara menghitung kecepatan dan percepatan suatu benda.
F     Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kecepatan dan percepatan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikan.
F     Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F     Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

§     Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku referensi yang relevan
c.   Alat-alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-          Menemukan persamaan laju yang ditempuh
-          Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan  sehari-hari
-          Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu
-          Menyelidiki  GLBB dipercepat beraturan
-          Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis






Testulis



Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis
PG






isian



Uraian


Isian


Isian
Ciri GLB memiliki kecepatan ....
a. dipercepat
b. tetap
 c. diperlambat
d. beraturan

Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB .....

Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan waktu

Contoh Gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah .....

Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep ....

                                                                             

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :
                                                                                   

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email