RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 3 X
40’
Standar Kompetensi : 5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi
Dasar : 5.2 Menganalisa
data percobaan GLB dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian gerak dan sifatnya.
2.
Membedakan
pengertian perpindahan dan jarak.
3.
Menjelaskan
pengertian kelajuan.
4.
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan.
5.
Menjelaskan
pengertian GLB.
6.
Menjelaskan
ciri GLB.
7.
Mengamati
GLB.
8.
Menjelaskan
pengertian kecepatan.
9.
Menjelaskan
pengertian gerak lurus berubah beraturan.
10.
Menjelaskan
pengertian percepatan.
11.
Mengamati
gerak lurus dipercepat beraturan.
12.
Menyebutkan
gerak lurus berubah beraturan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Gerak
Metode
Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
Metode
- Diskusi
kelompok
- Ceramah
- Eksperimen
Langkah-langkah
Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Apakah mobil yang melintas di jalanan
tergolong melakukan gerak?
-
Bagaimana cara menghitung kelajuan
rata-rata mobil yang sedang bergerak?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan gerak?
-
Faktor apa sajakah yang mempengaruhi
kelajuan suatu benda?
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak dan sifatnya.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa contoh gerak.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perpindahan, jarak dan
kelajuan.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menjelaskan faktor-faktor yang
mem-pengaruhi kelajuan suatu benda.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
F
Guru
memberikan contoh soal cara menghitung kelajuan suatu benda.
F
Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kelajuan suatu
benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
F
Guru
memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Apakah tujuan lintasan rel kereta api harus dibuat lurus dan mendatar?
-
Gerak jatuh peloncat indah tergolong GLB atau GLBB?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan GLB?
-
Apakah ciri dari gerak lurus berubah
beraturan?
. Pra
eksperimen
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengertian GLB.
F
Menjelaskan
ciri GLB.
F
Mengamati
GLB.
F
Menjelaskan
pengertian kecepatan.
F
Menjelaskan
pengertian gerak lurus berubah beraturan.
F
Menjelaskan
pengertian percepatan.
F
Mengamati
gerak lurus dipercepat beraturan.
F
Menyebutkan
gerak lurus berubah beraturan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian GLB dan cirinya.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai contoh GLB.
F
Wakil
tiap kelompok diminta untuk mengambil pewaktu ketik dan sebuah mobil mainan.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati GLB.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kecepatan dan percepatan
suatu benda.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian GLBB dan cirinya.
F
Guru
memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati
gerak lurus dipercepat beraturan.
F
Peserta
didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan papan, balok
kayu, sebuah mobil mainan dan pewaktu ketik.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan untuk membandingkan karakteristik GLB dan GLBB.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
F
Guru
memberikan contoh soal cara menghitung kecepatan dan percepatan suatu benda.
F
Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kecepatan dan
percepatan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain
memperhatikan.
F
Guru
memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
F
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat-alat
praktikum
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
-
Menemukan persamaan laju yang ditempuh
-
Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
-
Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan
setiap satuan waktu
-
Menyelidiki GLBB
dipercepat beraturan
-
Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
Testulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
PG
isian
Uraian
Isian
Isian
|
Ciri GLB memiliki kecepatan ....
a. dipercepat
b. tetap
c. diperlambat
d. beraturan
Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB .....
Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan
waktu
Contoh Gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah .....
Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep ....
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.