RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang
Sekolah : S M P Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas /
Semester : VIII / I
Alokasi
waktu : 2 X 40’
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.4.
Mengidentifikasikan
nama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan nama dan penyakit pada tanaman.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Nama dan penyakit pada tanaman.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Konsektual dan lingkungan.
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen.
3. Model Pembelajaran : presentasi / seminar..
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Apa
bedanya nama dengan kelompoknya ?
2) Berupa apakah nama yang sering menyerang
kebun kelapa ?
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan nama dan penyakit pada tanaman.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Internet, literatur.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu .
2. Buku IPA yang
relevan.
3. Internet.
4. Siswa
dan guru.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menjelaskan perbedaan
hama dan penyakit
· Mendata contoh hama dan
penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
Penugasan
|
Tes
uraian
Tugas proyek
|
Deskripsikan
perbedaan hama dan penyakit
Lakukanlah
wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama penyakit tanaman dan
membuat laporannya
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 1 Pada Materi Pokok Nama dan Penyakit Pada Organ Tumbuhan/Tanaman
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.