FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lampung

Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Recent Comments

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Automatic Elvira Links Free Backlink Service, Links Building 4 Free Florists Links Text Back Link Exchange PR Checker HyperSmash Pingates Google Pagerank icon Free PageRank Checker Wahid Biyobe Free Web Submission Text Back Links Exchanges

Meta Tag Generator

PR Checker

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 2 Pada Materi Pokok Getaran, Gelombang, dan Optika serta Produk Teknologi

-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah              : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas/Semester  : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi waktu    : 6 X 40’ ( 3x pertemuan )


Standar Kompetensi
              6.     Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam                                  produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar
         6.1.  Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian getaran.
2.      Menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Mengamati getaran.
4.      Membedakan antara simpangan dan amplitudo.
5.      Menjelaskan pengertian periode suatu getaran.
6.      Menentukan periode getaran.
7.      Mengamati kaitan antara periode dan amplitudo.
8.      Menjelaskan pengertian frekuensi suatu getaran.
9.      Menjelaskan hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran.
10.  Menjelaskan pengertian gelombang.
11.  Mengamati gelombang pada tali.
12.  Menjelaskan gelombang membawa energi selama perambatannya.
13.  Membedakan antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
14.  Menjelaskan pengertian gelombang transversal.
15.  Menyebutkan contoh gelombang transversal.
16.  Mengamati gelombang transversal pada slinki.
17.  Menjelaskan pengertian istilah-istilah yang berkaitan dengan gelombang transversal.
18.  Menjelaskan pengertian gelombang longitudinal.
19.  Menyebutkan contoh gelombang longitudinal.
20.  Mengamati gelombang longitudinal pada slinki.
21.  Menjelaskan pengertian kecepatan rambat gelombang.
22.  Menjelaskan pengertian panjang gelombang.
23.  Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
24.  Menjelaskan pemantulan gelombang.
25.  Menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari.



v      Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
          Getaran dan Gelombang
C. Metode Pembelajaran
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                 -  Cooperative Learning
             2.  Metode : -  Diskusi kelompok
                       -  Eksperimen
                       -  Observasi
                                  -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
    -   Apakah yang terjadi jika senar gitar kita petik?
     -   Bagaimana cara mengukur periode suatu getaran?
1.      Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan getaran?
     -   Apakah yang dimaksud dengan periode? 
·         Pra eksperimen:
-   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian getaran.
F     Peserta didik dapat Menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari.
F     Peserta didik dapat Mengamati getaran.
F     Peserta didik dapat Membedakan antara simpangan dan amplitudo.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian periode suatu getaran.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian getaran.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah mistar plastik, sebuah gitar, sebuah bola pingpong, seutas benang, sebuah pegas, beban bermassa 50 g, dan sebuah statif.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati getaran

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA
  a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
     -   Apakah pertambahan amplitudo diikuti pertambahan periode?
     -   Bagaimana menentukan frekuensi suatu getaran?
·       Prasyarat pengetahuan:
     -   Bagaimana kaitan antara periode dan amplitudo?
     -   Apakah yang dimaksud dengan frekuensi?
·         Pra eksperimen:
 -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

   b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian frekuensi.
·         Peserta didik memperhatikan cara menentukan frekuensi suatu getaran yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan hubungan antara frekuensi dengan periode suatu getaran.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan frekuensi suatu getaran yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan frekuensi suatu getaran untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Peserta didik dapat Membedakan antara simpangan dan amplitudo.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian periode suatu getaran.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kaitan antara periode dan amplitudo.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah pegas dan sebuah beban.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati kaitan antara periode dan amplitudo
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KETIGA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
 -   Apakah yang terjadi ketika sebutir kerikil dilempar ke permukaan air kolam yang tenang?
      -   Apakah gelombang air tergolong gelombang transversal?
         -   Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang longitudinal?
      -   Mengapa gelombang yang datang dari tengah laut akan dipantulkan     
·       Prasyarat pengetahuan:
 -   Apakah yang dimaksud dengan gelombang?
 -   Apakah yang dimaksud dengan gelombang transversal?
 -   Apakah yang dimaksud dengan gelombang longitudinal?
 -   Apa yang terjadi jika gelombang yang merambat menumbuk suatu permukaan yang keras?
·         Pra eksperimen:
-          Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
 
            b. Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian gelombang.
F     Peserta didik dapat Mengamati gelombang pada tali.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan gelombang membawa energi selama perambatannya.
F     Peserta didik dapat Membedakan antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian gelombang transversal.
F     Peserta didik dapat Menyebutkan contoh gelombang transversal.
F     Peserta didik dapat Mengamati gelombang transversal pada slinki.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian istilah-istilah yang berkaitan dengan gelombang transversal.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian gelombang longitudinal.
F     Peserta didik dapat Menyebutkan contoh gelombang longitudinal.
F     Peserta didik dapat Mengamati gelombang longitudinal pada slinki.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian kecepatan rambat gelombang.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian panjang gelombang.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pemantulan gelombang.
F     Peserta didik dapat Menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil seutas tali kurang lebih 3 m dan potongan kertas.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati gelombang pada tali
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang longitudinal.
F     Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang       longitudinal dalam kehidupan sehari-hari.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah slinki.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati gelombang longitudinal pada slinki.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum
        


F. Penilaian Hasil Belajar
      
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Mengidentifikasi  getaran pada kehidupan sehari-hari
·         Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran 
·         Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
·         Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang

Tes tulis


Tes tulis


Tes unjuk kerja



Tes tulis



Tes isian


Tes uraian


Tes identifikasi



Tes uraian

Diskripsikan pengertian getaran !

Hitunglah frekuensi suat getaran bila periodnya 25 sekon.

Disediakan data percobaan, carilah perbedaan ciri gelombang longitudinal dan gelombang transversal.

Bila panjang gelombang 60 meter dan cepat rambat gelombang 100m/s. Hitunglah frekuensi gelombang?




                                                                                                                                         
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Wahid Biyobe - Minggu, 30 September 2012 - 23.22

Belum ada komentar untuk "Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 2 Pada Materi Pokok Getaran, Gelombang, dan Optika serta Produk Teknologi"

Poskan Komentar