RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas/Semester :
VIII / 1
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi 4
Memahami bahan
kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar 4.4.
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
- Siswa dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
- Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat
psikotropika
- Siswa dapat memberikan
beberapa contoh zat adiktif
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Zat Adiktif dan
psikotropika
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Pendekatan kontekstual
2. Metode :
Diskusi-informasi
3. Metode Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
Pernahkah kamu melihat orang yang mabuk sehingga tidak sadarkan
diri
b. Pengetahuan Prasarat
Hati-hati jangan sampai mencoba-coba
minum minuman keras dan
obat terlarang
2.
Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat menyebutkan pengertian psikotropika
F
Siswa
dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
F
Siswa
dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
F Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
F
Guru
membimbing kegiatan diskusi informasi tentang pengertian zat adiktif dan
psikotropika
F
Guru
membimbing kepada siswa agar mencari contoh-contoh zat adiktif dan psikotropika
F Melakukan diskusi-informasi tentang efek
samping dari
zat adiktif dan psikotropika
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Kegiatan Pembelajaran
Siswa dibuat kelompok kemudian masing-masing kelompok disuruh mencari
macam-macam contoh zat adiktif dan psikotropik
F. Sumber Belajar
1. Buku IPA terpaduI.
2. Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan
pengertian zat adiktif dan psikotropika
·
Menjelaskan
dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi
kesehatan, ekonomi, dan sosial.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
uraian
Tes uraian
|
Apa yang
dimaksud dengan :
a. Zat
adiktif
b. Zat
psikotropika
Jelaskan
dampak negatif rokok dan minuman keras bagi kesehatan manusia !
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 1 Pada Materi Pokok Sifat dan Pengaruh Zat Adiktif serta Psikotropika Pada Manusia
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.