Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 1 Pada Materi Pokok Sifat dan Pengaruh Zat Adiktif serta Psikotropika Pada Manusia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                   
                                    Jenjang Sekolah           : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
                                    Mata Pelajaran             : IPA Terpadu
                                    Kelas/Semester            : VIII / 1
                                    Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


Standar Kompetensi 4
Memahami bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar 4.4.
Mendeskripsikan sifat pengaruh zat adiktif dan psikotropika.

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
  2. Siswa dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
  3. Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
  4. Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Zat Adiktif dan psikotropika

C.     Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan                   : Pendekatan kontekstual
2.     Metode                         : Diskusi-informasi
3.     Metode Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.      Motivasi
      Pernahkah kamu melihat orang yang mabuk sehingga tidak sadarkan
       diri
b.      Pengetahuan Prasarat
      Hati-hati jangan sampai mencoba-coba minum minuman keras dan
      obat terlarang

2.    Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
F     Siswa dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
F     Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
F     Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
F     Guru membimbing kegiatan diskusi informasi tentang pengertian zat adiktif dan psikotropika
F     Guru membimbing kepada siswa agar mencari contoh-contoh zat adiktif dan psikotropika
F     Melakukan diskusi-informasi tentang efek samping dari zat adiktif dan psikotropika

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

     3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.     Kegiatan Pembelajaran
      Siswa dibuat kelompok kemudian masing-masing kelompok disuruh mencari
      macam-macam contoh zat adiktif dan psikotropik

F.      Sumber Belajar
1.    Buku IPA terpaduI.
2.    Buku-buku Pelajaran yang relevan.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika

·     Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial. 

Tes tulis




Tes tulis
Tes uraian




Tes uraian
Apa yang dimaksud dengan :
a. Zat adiktif
b. Zat psikotropika

Jelaskan dampak negatif rokok dan minuman keras bagi kesehatan manusia !


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 1 Pada Materi Pokok Sifat dan Pengaruh Zat Adiktif serta Psikotropika Pada Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email