RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas/Semester : VIII/2
Mata
Pelajaran : IPA
Alokasi waktu
: 4 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar
Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan
energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan bunyi hukum I Newton.
2.
Menyebutkan penerapan hukum I Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Menyebutkan bunyi hukum II Newton.
4.
Menyebutkan penerapan hukum II Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
5.
Menyebutkan bunyi hukum III Newton.
6.
Menyebutkan penerapan hukum III Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
7.
Menjelaskan pengertian gaya gesekan.
8.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya
gesekan.
9.
Membedakan gaya gesekan statis dan gaya gesekan
kinetis.
10.
Menyebutkan gaya gesekan yang bermanfaat dalam
kehidupan sehari-hari.
11.
Menyebutkan gaya gesekan yang merugikan dalam
kehidupan sehari-hari.
12.
Menjelaskan pengertian gaya berat.
13.
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gaya berat di
permukaan bumi.
14.
Membedakan berat dan massa suatu benda.
15.
Menjelaskan gaya pada benda yang diam.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Gaya
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
- Observasi
- Eksperimen
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Apa yang terjadi jika mobil yang kamu tumpangi itu berhenti secara
tiba-tiba?
-
Apakah yang menyebabkan kita dapat berjalan diatas lantai?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah bunyi hukum I Newton?
-
Apakah bunyi hukum III Newton?
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum Newton I dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
F
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum I Newton.
F Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan bunyi hukum II Newton.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Newton tentang gerak.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan penerapan hukum II Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
F
Peserta
didik memperhatikan contoh soal penerapan hukum II Newton yang disampaikan oleh
guru.
F
Guru
memberikan beberapa soal penerapan hukum II Newton untuk dikerjakan oleh
peserta didik.
F
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum III Newton.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan penerapan hukum III
Newton.
F
Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Dapatkah kamu berjalan
cepat di dalam kolam renang?
-
Apakah gaya gesekan
bermanfaat bagi kehidupan kita atau malah merugikan?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
gaya gesekan?
- Apakah peranan gaya gesekan dalam kehidupan
sehari-hari?
1. Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menjelaskan pengertian gaya gesekan.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika.
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mendemonstrasikan
hukum I Newton secara sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan
hukum II Newton dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mendemonstrasikan
hukum III Newton dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Uji
petik kerja prosedur
Uji
petik kerja prosedur
Tes
uraian
|
Lakukan
percobaan tentang Hukum I Newton
Lakukan
percobaan tentang hukum II Newton.
Berikan
contoh penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 2 Pada Materi Pokok Peranan Usaha, Gaya, dan Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.