RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas/Semester : VIII/2
Mata
Pelajaran : IPA
Alokasi waktu :
4 X 40’ ( 2X pertemuan )
Standar
Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan
energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan
gaya, dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian
gaya.
2.
Menyebutkan macam-macam
gaya.
3.
Membedakan gaya sentuh dan
gaya tak sentuh.
4.
Menyebutkan beberapa contoh gaya sentuh dan gaya
tak sentuh.
5.
Mengamati perubahan yang
ditimbulkan gaya.
6.
Menuliskan diagram vektor
untuk menggambarkan gaya.
7.
Menjelaskan pengertian
resultan gaya.
8.
Menentukan resultan
gaya-gaya yang searah.
9.
Menentukan resultan
gaya-gaya yang berlawanan arah.
10.
Menentukan resultan gaya
berbentuk sudut.
11.
Menjelaskan pengertian
keseimbangan.
12.
Menjelaskan syarat terjadinya keseimbangan.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Gaya
C. Metode Pembelajaran
1. Model : -
Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : -
Diskusi kelompok
-
Eksperimen
- Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Sebutkan macam-macam gaya
-
Dapatkah gaya diukur? Jika dapat, bagaimana cara mengukurnya?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan gaya?
-
Alat apakah yang digunakan untuk mengukur gaya?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik Menjelaskan pengertian gaya.
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mengukur gaya dengan
menggunakan neraca pegas.
F
Peserta
didik memperhatikan diagram vektor untuk menggambarkan gaya yang disampaikan
oleh guru.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya.
F
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam gaya.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan gaya sentuh dan gaya
tak sentuh.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gaya sentuh dan gaya tak
sentuh.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah balon yang telah ditiup,
sebuah gelang karet, dan sebuah bola.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan
yang ditimbulkan gaya
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari eksperimen
yang telah dilakukan.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan.
F
Guru
memberi tugas rumah.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana menentukan
resultan gaya-gaya yang berlawanan arah?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
resultan gaya?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Menjelaskan pengertian resultan gaya
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai syarat terjadinya keseimbangan.
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
F
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan
arah, dan berbentuk sudut yang disampaikan oleh guru.
F Guru memberikan beberapa soal menentukan
resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan arah, dan berbentuk sudut untuk dikerjakan
oleh peserta didik.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Melukiskan
penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun
berlawanan.
·
Membedakan
besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu
pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
·
Menunjukkan
beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang
merugikan
·
Membandingkan berat dan massa suatu benda
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
uraian
Uji petik kerja
produk
Tes isian
Tes uraian
|
Bila A
memiliki gaya 10 N dan B 20 N yang
arahnya sama, Hitung resultan gayanya ?
Lakukan
percobaan tentang gaya gesek pada permukaan licin dan permukaan kasar lalu
bandingkan hasil dari kedua percobaan tsb.
Sebutkan
contoh gaya gesek yang menguntungkan dan yang merugikan dalam kehidupan
sehari-hari.
Apakah
perbedaan berat dan massa suatu benda?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 2 Pada Materi Pokok Usaha, Gaya dan Energi
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.