FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lampung

Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Recent Comments

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Automatic Elvira Links Free Backlink Service, Links Building 4 Free Florists Links Text Back Link Exchange PR Checker HyperSmash Pingates Google Pagerank icon Free PageRank Checker Wahid Biyobe Free Web Submission Text Back Links Exchanges

Meta Tag Generator

PR Checker

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Jenjang Sekolah           :  SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran             :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  IX / I
Alokasi waktu              :  3 X 40’ ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar 1.2.
Mendiskripsikan sistem reproduksi danpenyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia.

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
2.      Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
3.      Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
4.      Siswa dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.


v      B.  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran
      Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem produksi manusia.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Konsektual.
      2.  Metode                         :  Observasi, Diskusi dan Informasi.
     
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Terdiri dari apakah organ sistem reproduksi ?
                  2)  Mengapa ada orang yang mandul ?
                  3)  Di manakah pertumbuhan dan perkembangan manusia sebelum dilahirkan ?
                  4)  Berasal dari manakah kebutuhan hidup janin ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami perkembangan generatif ( seksual )
                  Siswa telah memahami organ – organ sistem reproduksi.
                 
      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
F     Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
F     Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Siswa mengamati model / charta organ – organ penyusun sistem reproduksi       dilanjutkan diskusi tahap – tahap reproduksi manusia
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Sebutkan 3 penyakit pada organ sistem reproduksi  ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ – organ sistem reproduksi manusia.
                 
      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Media Pembelajaran
      Model / Charta organ – organ penyusun sistem reproduksi manusia..

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku IPA Terpadu .
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3    Model / charta organ reproduksi manusia
      4.  Guru dan siswa..

G.  Penilaian.              
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
·   Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi
·   Menulis artikel tentang  cara  penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
·   Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi

§    Tes tertulis






§    Tes tertulis

§    Penugasan


Penugasan

§    PG






§    Uraian

§    Tugas rumah

§   Angket
§    Salah satu organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki adalah ....
  1. testes
  2. ovarium
  3. oviduct
  4. uterus
§    Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita!
§    Buatlah tulisan tentang penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi!
§    Angket skala perbedaan semantik

                                                                                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :.............................


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Wahid Priyono - Senin, 01 Oktober 2012 - 06.40

Belum ada komentar untuk "Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia 1"

Poskan Komentar