FB My Tweet Website Owner Follow Twet Islami Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

Alumni Pendidikan Biologi Universitas Lampung

Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Recent Comments

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Automatic Elvira Links Free Backlink Service, Links Building 4 Free Florists Links Text Back Link Exchange PR Checker HyperSmash Pingates Google Pagerank icon Free PageRank Checker Wahid Biyobe Free Web Submission Text Back Links Exchanges

Meta Tag Generator

PR Checker

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Bahan Kimia---Bahan Pembersih, Pemutih, Pengharum, Pestisida

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                   
                                    Jenjang Sekolah           : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
                                    Mata Pelajaran             : IPA Terpadu
                                    Kelas/Semester                        : VIII / 1
                                    Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


Standar Kompetensi 4
Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar 4.1.
Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari


A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pembersih
  2. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pemutih
  3. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pengharum
  4. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam pembasmi hama
  5. Siswa dapat mengetahui efek samping penggunaan bahan kimia
  6. Siswa dapat mengetahui cara mencegah efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan-bahan kimia

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga

C.     Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan                   : Pendekatan kontekstual
2.     Metode                         : Diskusi-informasi
3.     Metode Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan Pendahuluan
a.      Motivasi
      Pernahkah kamu mencium bau yang khas dari sabun mandi
b.      Pengetahuan Prasarat
      Hati-hati jika mencium dari larutan yang berbahaya (pestisida)

2.     Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.     Kegiatan Pembelajaran
      Alat dan bahan Terpadu untuk kelas VIII

F.      Sumber Belajar
1.    Buku IPA terpaduI.
2.    Buku-buku Pelajaran yang relevan.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
·     Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
Tes tulis




Tes tulis
Tes uraian




Tes isian
Sebutkan bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman !

Efek samping bahan pemutih pakaian menyebabkan ....



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Wahid Priyono - Minggu, 30 September 2012 - 13.51

Belum ada komentar untuk "Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Bahan Kimia---Bahan Pembersih, Pemutih, Pengharum, Pestisida"

Poskan Komentar