RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata
Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas/Semester :
VIII / 1
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi 4
Memahami
kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar 4.1.
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan
pembersih
- Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan
pemutih
- Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan
pengharum
- Siswa dapat menyebutkan
bermacam-macam pembasmi hama
- Siswa dapat mengetahui efek samping penggunaan
bahan kimia
- Siswa dapat mengetahui cara mencegah efek samping
yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan-bahan kimia
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Bahan Kimia
Dalam Rumah Tangga
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Pendekatan kontekstual
2. Metode :
Diskusi-informasi
3. Metode Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
Pernahkah kamu mencium bau yang khas dari sabun mandi
b. Pengetahuan Prasarat
Hati-hati jika mencium dari larutan yang
berbahaya (pestisida)
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Memahami kegunaan dan efek samping bahan kimia
dalam kehidupan sehari-hari
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Kegiatan Pembelajaran
Alat dan bahan Terpadu untuk kelas VIII
F. Sumber Belajar
1. Buku IPA terpaduI.
2. Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menyebutkan bahan-bahan
kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menjelaskan
efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
uraian
Tes isian
|
Sebutkan
bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman !
Efek samping
bahan pemutih pakaian menyebabkan ....
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Bahan Kimia---Bahan Pembersih, Pemutih, Pengharum, Pestisida
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.