Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Semester 1 Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Jenjang Sekolah           :  S M P Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran             :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu              :  3 X 40’

Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar 2.3.
Mengidentifikasi macam – macam gerak pada tumbuhan.

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasikan macam – macam gerak pada tumbuhan.
2.      Siswa dapat membuat laporan hasil percobaan gerak pada rumbuhan..

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Macam – macam gerak pada tumbuhan.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Kontekstual dan lingkungan
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan percobaan
      3.  Model Pembelajaran     :  Kooperatif dan langsung.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apakah semua makhluk hidup bergerak ?
                  2)  Bagaimana tumbuhan bergerak ?
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.

      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat mengidentifikasikan macam – macam gerak pada tumbuhan.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran dibantu oleh guru.
F     Guru memberi tugas rumah dan refeklsi hasil pembelajaran.

      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apa bedanya gerakan menutupnya daun putri malu karena sentuhan api dan lidi?
                  2)   Apa bedanya tropisme, nasti dan taksis?
                  b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami macam – macam gerak pada tumbuhan .
     
      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat membuat laporan hasil percobaan gerak pada rumbuhan..
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa membuat laporan hasil percobaan macam – macam gerak pada tumbuhan.
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku IPA Terpadu .     
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.   Siswa dan guru.

G.  Penilaian.  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
·       Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
Tes tulis






Tes tulis
Tes PG






Tes isian

Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak ....
a. geotropis     
c. Nasti
b. pototropis    
d. tropis

Hal yang membedakan gerak tropisme dengan gerak nasti
yaitu ....
                                                           
                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :




Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Semester 1 Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email