Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 2 Pada Materi Pokok Peranan Usaha, Gaya, dan Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah              : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas/Semester  : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi waktu    : 4 X 40’


Standar Kompetensi
            5.    Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
5.3  Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan                               energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian energi.
2. Menyebutkan satuan energi.
3. Menyebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyebutkan aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan
sehari-hari.
5. Mengamati perubahan bentuk energi.
6. Menyebutkan hukum kekekalan energi.
7. Menjelaskan pengertian energi mekanik.
8. Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial.
9. Menyebutkan bunyi hukum kekekalan energi mekanik.
10.  Menjelaskan pengertian usaha.
11.  Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha.
12.  Membedakan usaha yang bernilai positif dan usaha yang bernilai negatif.
13.  Menghitung usaha oleh beberapa buah gaya.
14.  Menjelaskan pengertian daya.
15.  Menyebutkan satuan daya.
16.  Menentukan besarnya daya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
         Energi dan Usaha

C. Metode Pembelajaran
1.    Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
             2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
                                  -  Eksperimen
                                 -  Observasi
                         -  Ceramah




D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
      -   Mengapa setelah melakukan sejumlah aktivitas tubuh kita terasa lemas?
      -   Dapatkah manusia menciptakan energi?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan energi?
      -   Apakah bunyi hukum kekekalan energi? 
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan energi potensial dan energi kinetik suatu benda.
F     Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi potensial dan energi kinetik.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian energi.
F     Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan satuan energi.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perubahan energi.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil lampu listrik, setrika listrika, dua batang kayu kering, sebongkah batu, dua batang besi, senter dan baterainya, aki mobil, lampu bohlam 12 V, dan dua utas kabel.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan bentuk energi
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum kekekalan energi.
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum kekekalan energi.
F     Perwakilan peserta didik untuk menyebutkan bunyi hukum kekekalan energi.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan energi mekanik.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara energi potensial dan energi kinetik.
F     Guru memberikan beberapa soal menentukan energi potensial dan energi kinetik untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F     Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
     -   Apakah syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan?
     -   Apakah lifter yang mengangkat beban tergolong melakukan usaha?
·       Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan hukum kekekalan energi mekanik?
     -   Apakah yang dimaksud dengan usaha?

   b. Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian energi mekanik.
F     Peserta didik memperhatikan cara menentukan rumusan daya yang disampaikan oleh guru.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum kekekalan energi mekanik.
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum kekekalan energi mekanik.
F     Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian usaha.
F     Peserta didik memperhatikan cara menentukan rumusan usaha yang dilakukan suatu benda yang disampaikan oleh guru.
F     Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang disampaikan oleh guru.
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai kaitan usaha dan energi.
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum
  d. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
           
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Menunjukkan  bentuk-bentuk energi  dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak
·         Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari
·         Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
·         Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari

Tes lisan



Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis


Daftar pertanyaan


Tes uraian


Tes uraian


Tes uraian



Tes uraian


 Isian
Apakah yang kamu ketahui tentang bentuk-bentuk energi ?

Dalam rangkaian listrik tertutup dengan sebuah lampu terjadi perubahan energi ....

Jelaskan perbedaan antara energi kinetik dan energi potensial.

Jelaskan hukum kekekalan energi dan berikan contohnya  dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah perbedaan antara energi dan usaha ?

Daya merupakan kecepatan dalam melakukan ......


      
                                                                                                             
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :





















Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 2 Pada Materi Pokok Peranan Usaha, Gaya, dan Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email