Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Saling Ketergantungan dalam Ekosistem


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                    :    2 X 40’

Standar Kompetensi           :     7.     Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.

 

Kompetensi Dasar              :     7.3   Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia dengan lingku-ngan.


Tujuan Pembelajaran        :     Peserta didik dapat:

1.          Menjelaskan pengertian penduduk.
2.          Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia.
3.          Menyebutkan syarat-syarat air bersih.
4.          Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.
5.          Menjelaskan pengertian udara bersih.
6.          Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan udara bersih.
7.          Menyebutkan dampak ketidakseimbangan antara bertambahnya penduduk dengan bertambahnya produksi pangan.
8.          Menjelaskan dampak peningkatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan.
9.          Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan.
10.      Menjelaskan dampak kepadatan penduduk terhadap pencemaran lingkungan.
11.      Menjelaskan dampak kepadatan penduduk terhadap terbatasnya ruang gerak.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan


Metode Pembelajaran        :     Model
                                                  -       Problem Based Instruction (PBI)
                                                  -       Cooperative Learning
                                                  Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Observasi
                                                  -       Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa manusia membutuhkan air bersih?
            -     Dapatkah kalian memberikan contoh-contoh lahan yang semestinya tidak digunakan untuk pemukiman?
            .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah syarat-syarat air bersih?
            -     Apakah dampak peningkatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan pengertian penduduk.
F     Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia.
F     Menyebutkan syarat-syarat air bersih.
F     Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.
F     Menjelaskan pengertian udara bersih.
F     Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan udara bersih.
F     Menyebutkan dampak ketidakseimbangan antara bertambahnya penduduk dengan bertambahnya produksi pangan.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengamati lingkungan di sekitar halaman sekolah.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian penduduk.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan akibat kepadatan populasi manusia.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat-syarat air bersih.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian udara bersih.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan cara mendapatkan udara bersih.
F     Peserta didik berkelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan udara bersih.
F     Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) memperhatikan foto atau gambar-gambar yang didapat dari majalah, koran atau media lainnya yang memuat akibat kepadatan populasi manusia.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan pangan, ketersediaan lahan dan kerusakan lingkungan.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan dampak kepadatan penduduk yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan terbatasnya ruang gerak.
F     Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok lain.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku referensi yang relevan
c.   Gambar dan foto

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih

·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan

·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan

·    Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan

Tes tulis




Tes tulis




Tes tulis


Tes tulis
Isian




Isian




isian


uraian
Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan air bersih akan ......................

. Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan pangan akan ......................

Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat  maka ketersediaan lahan akan .....................

Kemukakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika populasi penduduk terus meningkat

                                                                                                                                              
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :



Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Saling Ketergantungan dalam Ekosistem
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email