Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter IPA Terpadu Khusus SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                    :    4 X 40’

Standar Kompetensi           :     7.     Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.

 

Kompetensi Dasar              :     7.4   Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan un-tuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.


Tujuan Pembelajaran        :     Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan.
2.          Menyebutkan ciri-ciri lingkungan alami.
3.          Menyebutkan ciri-ciri lingkungan tercemar.
4.          Membedakan lingkungan alami dan lingkungan tercemar
5.          Menyebutkan sumber-sumber pencemaran lingkungan.
6.          Menjelaskan pengertian pencemaran air.
7.          Menjelaskan sumber-sumber pencemaran air.
8.          Menjelaskan pengertian pencemaran udara.
9.          Menyebutkan bahan-bahan pencemar udara.
10.      Menjelaskan pengertian pencemaran tanah.
11.      Menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah.
12.      Menjelaskan pengertian pencemaran suara.
13.      Menyebutkan sumber-sumber pencemaran suara.
14.      Menjelaskan akibat pencemaran terhadap makhluk hidup secara global.
15.      Menjelaskan kegunaan hutan hujan tropis.
16.      Menjelaskan kerugian akibat penebangan hutan.
17.      Menjelaskan usaha-usaha mencegah dan mengatasi pencemaran.
18.      Menjelaskan usaha-usaha mencegah dan mengatasi kerusakan lingkungan akibat penebangan hutan.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
 
‘Metode Pembelajaran       :     Model
                                                  -       Problem Based Instruction (PBI)
                                                  -       Direct Instruction
                                                  -       Cooperative Learning
                                                  Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Observasi
                                                  -       Ceramah
               
Langkah-langkah Kegiatan
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa sungai di perkotaan airnya berubah warna, berbau busuk dan penuh dengan sampah?
             -    Mengapa limbah industri tidak boleh langsung dibuang ke sungai?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah ciri-ciri lingkungan yang tercemar?
            -     Sebutkan sumber-sumber pencemaran air?

b.   Kegiatan Inti.                                                       
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan pengertian penduduk.
F     Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia.
F     Menyebutkan syarat-syarat air bersih.
F     Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.
F     Menjelaskan pengertian udara bersih.
F     Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan udara bersih.
F     Menyebutkan dampak ketidakseimbangan antara bertambahnya penduduk dengan bertambahnya produksi pangan.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati lingkungan sekitar.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pencemaran lingkungan.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan lingkungan alami dan lingkungan tercemar.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan ciri-ciri lingkungan alami dan lingkungan tercemar.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sumber-sumber pencemaran lingku-ngan.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Guru membagi tugas kelompok:
v2 kelompok diberi tugas untuk mengamati pencemaran air di sekitar lingkungan sekolah.
v      2 kelompok diberi tugas untuk mengamati pencemaran udara di sekitar lingkungan sekolah.
v      2 kelompok diberi tugas untuk mengamati pencemaran tanah di sekitar lingkungan sekolah.
v      2 kelompok diberi tugas untuk mengamati pencemaran suara di sekitar lingkungan sekolah.
F     Tugas kelompok minimal 1 minggu sebelum proses pembelajaran sudah diberikan.
F     Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
F     Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
F     Guru memberikan penghargaan atau komentar tentang apa yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA

a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Ceritakan apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca?
            -     Bolehkah kita melakukan penebangan hutan secara liar?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Bagaimana terjadinya efek rumah kaca?
            -     Apakah kegunaan hutan hujan tropis?


b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan kegunaan hutan hujan tropis.
F     Menjelaskan kerugian akibat penebangan hutan.
F     Menjelaskan usaha-usaha mencegah dan mengatasi pencemaran.
F     Menjelaskan usaha-usaha mencegah dan mengatasi kerusakan lingkungan akibat penebangan hutan.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati lingkungan sekitar.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan akibat pencemaran terhadap makhluk hidup secara global.
F     Peserta didik berkelompok mendiskusikan peristiwa efek rumah kaca dan hujan asam.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kegunaan hutan hujan tropis.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) memperhatikan foto atau gambar-gambar yang didapat dari majalah, koran atau media lainnya yang memuat akibat pencemaran dan kerusakan lingkungan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kerugian akibat penebangan hutan secara liar dan tidak bertanggung jawab.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan usaha-usaha mencegah dan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
F     Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku referensi yang relevan
c.   Lingkungan
d.   Artikel
e.   Gambar

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
·    Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.
·    Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
Tes tulis










Tes tulis



Penugasan
PG










Uraian



Tugas rumah
Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan adalah ....
a. menurunnya ketersediaan kayu
b. meningkatkan suhu udara secara global
c. menurunnya ketersediaan air tanah
d. meningkatknya kandungan oksigen di udara

Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur dapat ditekan serendah-rendahnya

Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi pencemaran lngkungan. Silahkan memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah, atau pencemaran air! 


                                                                                                                                                     
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :


Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter IPA Terpadu Khusus SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email