-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang
Sekolah : S M P Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas /
Semester : VIII / I
Alokasi
waktu : 4 X 40’ ( 2 xpertemuan )
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.2.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
2.
Siswa
dapat menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
3.
Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi
fotosintesis.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Proses
perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau.
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Pendekatan konsektual dan lingkungan.
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen.
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
dan langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Berupa apa alat respirasi pada tumbuhan ?
2) Apakah yang diperlukan dalam proses
transformasi ?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang,
daun dan bunga.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
F
Siswa
dapat menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Dengan
petunjuk guru siswa melakukan percobaan tentang respirasi dan fotosintesis dan
dilanjutkan diskusi
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan.
F
Guru
memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Faktor –
faktor apakah yang berpengaruh pada fotosintesis.
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa
telah memahami peristiwa respirasi dan fotosintesis..
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang
mempengaruhi fotosintesis.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
berdiskusi dengan bimbingan guru tentang faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
1.
Alat dan bahan
2.
Model / Charta stomata, lenti sel, bulu akar.
F. Sumber Pembelajaran
· Buku IPA yang relevan.
· Model / Charta alat
respirasi dan fotosintesis tumbuhan.
· Siswa dan guru.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menunjukkan bagian daun
yang berperan dalam fotosintesis
·
Melakukan
dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
· Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Tes
PG
Uji petik kerja
produk
Tes uraian
|
Bagian daun
yang melakukan foto sintesis adalah ....
a.
plastida
c .lenti sel
b.
stomata d.kortex
Deskripsikan
makna perubahan warna pada daun setelah ditetesi yodium
Sebutkan 2
faktor yang mempengaruhi pproses fotosintesis
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis dan Respirasi
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.