Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan (Akar, Batang, Daun, Bunga)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Jenjang Sekolah           :  S M P Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran             :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )

Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar 2.1.
Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang daun dan bunga.
2.      Siswa dapat menjelaskan transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan..

v      Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      -  Struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
      -  Transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Pembelajaran kontekstual dan lingkungan
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan eksperimen
      3.  Model Pembelajaran     :  Kooperatif dan langsung.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimanakah struktur pada akar, batang, daun dan bunga ?
                  2)  Faktor apakah yang mempengaruhi transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan ?
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ-organ penyusun tumbuhan.

      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang daun dan bunga.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Dengan petunujuk dan  bimbingan guru, siswa  melakukan observasi struktur/bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
F     Guru memberi tugas rumah.


      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimanakah cara Transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan.
                  b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami garam mineral pada tumbuhan.
      2.  Kegiatan Inti                
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat menjelaskan transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku IPA yang relevan.
      2.  Model / Charta struktur akar, batang, daun dan bunga.
      3.  Siswa dan guru.

G.  Penilaian.  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun
·       Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·       Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
·       Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis

Tes tulis






Tes Unjuk kerja


Tes tulis


Tes tulis

Tes PG






Tes identifikasi


Tes uraian


Tes PG

Yang berfungsi mengangkut hasil fotositesis adalah ....
a. Xilem       
c. Stomata
b. Floem         
d.Lenti sel

Berdasarkan carta struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek dan letak epidermis

Deskripsikan fungsi jaringan meristem pada bagian ujung akar

Bagian daun yang melakukan foto sintesis adalah ....
a. plastida         
c .lenti sel
b. stomata          d.kortex

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan (Akar, Batang, Daun, Bunga)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email