RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 2 X 40’
Standar Kompetensi : 6. Memahami
keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
2.
Menyebutkan
ciri-ciri makhluk tak hidup.
3.
Mengetahui
reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
4.
Menentukan
ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan.
5.
Membuat
laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi.
6.
Menjelaskan
perbedaan antara hewan dan tumbuhan.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Ciri-ciri
Makhluk Hidup
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
-
Apakah perbedaan antara batu dengan
ayam?
- Mengapa
tumbuhan putri malu akan mengatup daunnya bila tersentuh?
. Prasyarat pengetahuan
-
Apakah ciri-ciri makhluk hidup?
-
Apakah perbedaan antara hewan dan
tumbuhan?
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
F
Menyebutkan
ciri-ciri makhluk tak hidup.
F
Mengetahui
reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
F
Menentukan
ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mencatat apa
saja yang ditemukan.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan perbedaan makhluk hidup dan
makhluk tak hidup.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup.
F
Wakil
tiap kelompok diminta mengambil tumbuhan putri malu, batang korek api dan air.
F
Guru mempresentasikan
langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui reaksi tumbuhan putri malu
terhadap rangsangan sentuh.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mengamati satu pot tanaman yang subur dan
men-diskusikan mengapa di sekeliling tumbuhan induk banyak tumbuhan yang
kecil-kecil.
F
Guru
memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen menanam
kacang hijau, satu pot diletakkan di tempat terang dan satu lagi di tempat
gelap.
F
Setelah
4-5 hari kemudian, peserta didik secara berkelompok diminta mengamati dan
membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.
F
Peserta
didik berdiskusi dengan kelompoknya untuk menyimpulkan hasil percobaan.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Guru
memberikan tugas rumah, peserta didik diminta untuk mengamati makhluk hidup
dalam daftar berikut:
-
jamur yang tumbuh pada roti - cacing
tanah
-
biji yang sedang berkecambah - ikan
-
daun pada pohon yang masih hidup - katak
-
tanaman berbunga - diri kamu sendiri
Tuliskan masing-masing ciri makhluk hidup yang dapat kalian amati.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu
b. Alat
dan bahan praktikum
c. Lingkungan
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
·
Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil
observasi
·
Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
|
Tes tertulis
Tes kinerja
Tes tertulis
|
PG
Ter unjuk kerja produk
Uraian
|
Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu ...
a. tumbuh membesar
b. memerlukan sumber energi
c. memerlukan oksigen untuk pembakaran
d. beradaptasi terhadap lingkungan*
Pilihlah tiga mahluk hidup yang
ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah
laporannya!
Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk
membedakan hewan dan tumbuhan?
|
Contoh Instrumen:
- Contoh tes unjuk kerja produk
Mengetahui reaksi tumbuhan putri malu
terhadap rangsangan sentuhan dan air.
Jenis rangsangan
|
Bagian tumbuhan yang diberi
rangsangan
|
Reaksi tumbuhan
|
Sentuhan
|
Ujung
daun
|
|
Pangkal daun
|
|
|
Batang
|
|
|
Tetesan air
|
Ujung
daun
|
|
Pangkal daun
|
|
|
Batang
|
|
- Contoh tes PG
Zat-zat
sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari tubuh kita sebagai berikut, kecuali...
a. urin
(air seni)
b.
karbon dioksida
c.
kelenjar pencernaan
d.
keringat
- Contoh tes uraian
Apakah
tujuan makhluk hidup berkembang biak?
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter Keren---SMP/MTs Kelas VII Pada Materi Pokok Keanekaragaman Makhluk Hidup--Ciri-Ciri Makhluk Hidup
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.