Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Zat 2 (Unsur dan Rumus Kimia Sederhana)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     3 X 40’

Standar Kompetensi         :     2.     Memahami klasifikasi zat.

Kompetensi Dasar            :     2.3   Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana.

Tujuan Pembelajaran      :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian unsur.
                                                2.     Mengenal nama dan lambang unsur.
                                                3.     Menerapkan aturan tata nama unsur.
                                                4.     Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
                                                5.     Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
                                                6.     Menjelaskan pengertian senyawa.
                                                7.     Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
                                                8.     Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
                                                9.     Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :     Unsur Kimia

Metode Pembelajaran      :     Model:
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode:
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Empat unsur utama apa sajakah yang menyusun tubuh manusia?
            -     Mengapa logam natrium mudah bereaksi dengan air di udara?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan unsur?
            -     Bagaimana sifat dan kegunaan setiap unsur?



b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan pengertian unsur.
F     Mengenal nama dan lambang unsur.
F     Menerapkan aturan tata nama unsur.
F     Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian unsur.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa unsur yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai aturan tata nama unsur dan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan unsur dalam tabel periodik berdasarkan kemiripan sifat dari setiap unsur (titik lebur, titik didih, wujud; logam, semi logam, non logam, daya hantar listrik dan daya hantar panas)
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sifat dan kegunaan dari beberapa unsur.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Tersusun dari unsur apa sajakah garam dapur?
            -     Senyawa apakah yang terbentuk, jika unsur natrium bercampur secara kimia dengan air?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
            -     Bagaimana senyawa dapat terbentuk?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
F     Menjelaskan pengertian senyawa.
F     Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
F     Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
F     Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian senyawa.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa senyawa yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran zat secara kimia).
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menyimpulkan hasil diskusi.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai penulisan rumus kimia dan penamaan senyawa.
F     Guru memberikan contoh beberapa penulisan reaksi kimia dan penamaan senyawa.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu.
b.   Buku referensi yang relevan.

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
·     Menuliskan nama dan lambang unsur
·     Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
·     Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis
PG

Tes isian


Tes uraian


PG
·     Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium    c. Karbon
b. Kalor       d. Kalsium
·     Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur
·     Tuliskan satu nama dan rumus kimianya
·     Rumus kimia asam sulfat adalah ....
a. H2SO4    c. H4SO2
b. HS2O4    d. H4S2O


                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :

                                                                                     

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Zat 2 (Unsur dan Rumus Kimia Sederhana)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email