Sunday 30 September 2012

CONTOH RPP Berkarakter-SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Unsur, Senyawa, dan Campuran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     3 X 40’

Standar Kompetensi         :     2.     Memahami klasifikasi zat.

Kompetensi Dasar            :     2.4.  Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran.

Tujuan Pembelajaran      :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian campuran.
                                                2.     Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan campuran
                                                3.     Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
                                                4.     Menjelaskan pengertian campuran homogen dan campuran hetero-gen.
                                                5.     Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen.
                                                6.     Membedakan campuran homogen dan campuran heterogen.
                                                7.     Menuliskan contoh campuran homogen dan campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
                                                8.     Membedakan antara koloid dan suspensi.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :    Unsur, Senyawa dan Campuran

Metode Pembelajaran      :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah awan tergolong campuran?
            -     Apakah sifat campuran sama dengan zat penyusunnya?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan campuran?
            -     Apakah ciri-ciri campuran?


b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan pengertian campuran.
F     Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan campuran
F     Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
F     Menjelaskan pengertian campuran homogen dan campuran hetero-gen.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sifat dari unsur, senyawa dan campuran.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara senyawa dan campuran dengan mengisi tabel sebagai berikut.

No
Dasar perbedaan
Senyawa
Campuran
1
Proses pembentukan


2
Proses pemisahan


3
Sifat dengan zat penyusun


4
Perbandingan zat penyusun


F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Tergolong campuran apakah larutan gula?            
            -     Apakah susu tergolong suspensi atau koloid?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan campuran homogen dan campuran heterogen?
            -     Apakah yang dimaksud dengan suspensi dan koloid?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen.
F     Membedakan campuran homogen dan campuran heterogen.
F     Menuliskan contoh campuran homogen dan campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
F     Membedakan antara koloid dan suspensi.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran homogen dan campuran heterogen.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran homogen dan campuran heterogen yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan penyusun campuran homogen dan campuran heterogen yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis campuran heterogen (suspensi dan koloid) berikut contohnya.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu.
b.   Buku referensi yang relevan.

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
·     Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
·     Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
Tes unjuk kerja

Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes identifikasi

Tes uraian


 Tes identifikasi
·     Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang disediakan
·      Buatlah  bagan materi secara sederhan
·     Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen
                                                                                                       
                                                                                         
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :
                                                                                     

Artikel Terkait

CONTOH RPP Berkarakter-SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Unsur, Senyawa, dan Campuran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email