Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter Untuk SMP---Pada Materi Pokok Pemisahan Campuran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     2 X 40’

Standar Kompetensi         :     4.     Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.

Kompetensi Dasar            :     4.2   Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia.

Tujuan Pembelajaran      :     Peserta didik dapat:     
                                                1.     Menjelaskan manfaat proses pemisahan campuran.
                                                2.     Menjelaskan dasar atau prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran.
                                                3.     Menjelaskan beberapa cara memisahkan zat-zat penyusun suatu campuran.
                                                4.     Mengetahui prinsip distilasi untuk pemisahan campuran.
                                                5.     Mengetahui prinsip-prinsip kromatografi.
                                                6.     Menjelaskan pengertian kadar zat dalam campuran.       
                                                7.     Menghitung kadar zat dalam campuran.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :    Pemisahan Campuran

Metode Pembelajaran      :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning     
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok           
                                                -       Ceramah
                                                -       Eksperimen


Langkah-langkah Kegiatan
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa pasir yang akan digunakan untuk campuran semen perlu diayak?
            -     Bagaimana cara memisahkan garam dari air laut?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah manfaat proses pemisahan campuran?
            -     Bagaimana prinsip pemisahan campuran secara evaporasi?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan manfaat proses pemisahan campuran.
F     Menjelaskan dasar atau prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran.
F     Menjelaskan beberapa cara memisahkan zat-zat penyusun suatu campuran.
F     Mengetahui prinsip distilasi untuk pemisahan campuran.
F     Mengetahui prinsip-prinsip kromatografi.
F     Menjelaskan pengertian kadar zat dalam campuran.     
F     Menghitung kadar zat dalam campuran.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan manfaat proses pemisahan campuran.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran (perbedaan titik didih, kelarutan atau ukuran partikel).
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) dengan kelompoknya mendiskusikan beberapa proses pemisahan campuran (pengayakan, dekantir, penyaringan, sentrifugasi, evaporasi, pelarutan, pemisahan dengan menggunakan magnet dan sublimasi).
F     Perwakilan peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergantian, dimana masing-masing kelompok diminta untuk menjelaskan salah satu proses pemisahan campuran.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku kerja.
c.   Alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-          Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
-          Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
-          Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi )
Tes tertulis



Penugasan



Observasi
Isian



Tugas proyek



Lembar observasi
Disediakan bahan-bahan, kemudian pisahkan berdasarkan ukuran partikelnya ....

Lakukan tugas untuk penjernihan air secara sederhana


Rancanglah alat sederhana untuk menjernihkan air


                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :

             

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter Untuk SMP---Pada Materi Pokok Pemisahan Campuran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email