Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Kelas VII Materi Pokok Sifat dan Wujud Zat (Kimia-Fisika)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     4 X 40’

Standar Kompetensi         :     3.     Memahami wujud zat dan perubahannya.

Kompetensi Dasar            :     3.3   Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehi-dupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran      :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menyelidiki muai panjang dan volume pada zat padat.
                                                2.     Menyelidiki besar pemuaian berbagai macam zat cair.
                                                3.     Membandingkan pemuaian zat padat dan cair.
                                                4.     Menyelidiki jenis pemuaian yang dapat dilakukan oleh zat gas.
                                                5.     Mengaplikasikan konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :    Pemuaian Zat

Metode Pembelajaran      :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa panas dapat menyebabkan pemuaian?
            -     Samakah muai panjang berbagai zat padat?
            -     Manakah yang lebih besar: pemuaian zat padat atau cair?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Faktor apakah yang mempengaruhi pemuaian?
            -     Alat apakah yang dapat digunakan untuk menyelidiki muai panjang zat padat?
            -     Mengapa pemuaian zat cair lebih besar daripada pemuaian zat padat?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.


b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menyelidiki muai panjang dan volume pada zat padat.
F     Menyelidiki besar pemuaian berbagai macam zat cair.
F     Membandingkan pemuaian zat padat dan cair.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil alat musschenbroek, beberapa batang logam, sebuah bola logam dan bingkainya, serta pembakar bunsen.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor yang mempengaruhi pemuaian.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen pemuaian panjang dan volume pada zat padat.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen kelompok tentang pemuaian berbagai macam zat cair.
F     Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan empat buah labu yang dilengkapi pipa kapiler; yang masing-masing diisi dengan air, eter, bensin dan alkohol kemudian dipanaskan dan amati apa yang terjadi.
F     Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari data percobaan.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbandingan pemuaian zat padat dan cair.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah gas juga memuai jika dipanaskan?
            -     Mengapa sambungan rel kereta api selalu dibuat bercelah pada saat dipasang?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Faktor apakah yang menyebabkan gas dapat memuai dan menyusut?
            -     Bagaimana aplikasi konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menyelidiki jenis pemuaian yang dapat dilakukan oleh zat gas.
F     Mengaplikasikan konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah labu berpipa kapiler, air hangat, air es, dua lembar kain lap, zat pewarna dan sebuah bejana berisi air dingin.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen pemuaian gas.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Guru memeriksa eksperimen pemuaian gas yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari data percobaan.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi konsep pemuaian dalam kehidu-pan sehari-hari.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang dapat menjawab soal dengan benar.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku kerja
c.   Alat-alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas
·     Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat
·     Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal
Observasi


Tes Unjuk kerja


 Tes tertulis
Lembar observas

Uji petik kerja prosedur dan produk
 uraian
·     Menggunakan alat  Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat
·     Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat



·     Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis....



                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :

Artikel Terkait

Contoh RPP Kelas VII Materi Pokok Sifat dan Wujud Zat (Kimia-Fisika)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email