-->
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu
: 6 X 40’ ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi
3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis percobaan
listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·
Menjelaskan pengertian
arus listrik.
·
Menjelaskan pengertian
kuat arus listrik.
·
Mengukur kuat arus
listrik.
·
Menjelaskan pengertian
beda potensial listrik.
·
Membedakan rangkaian
terbuka dan rangkaian tertutup.
·
Menjelaskan fungsi saklar
dan sekring.
·
Membedakan rangkaian seri
dan rangkaian pararel.
·
Menyebutkan bunyi hukum
Ohm.
·
Menemukan hubungan antara
kuat arus dengan beda potensial.
·
Menjelaskan cara mengukur
hambatan listrik.
·
Membedakan konduktor,
isolator, dan semikonduktor.
·
Menyebutkan beberapa
contoh konduktor, isolator, dan semikonduktor.
·
Menentukan hubungan antara
hambatan listrik, ukuran, dan jenis benda.
·
Menentukan besarnya
hambatan dari suatu bahan.
·
Menyebutkan bunyi hukum I
Kirchhoff.
·
Memahami hukum I Kirchhoff
pada rangkaian bercabang.
·
Menyebutkan jenis-jenis
resistor.
·
Membedakan rangkaian
resistor seri dan rangkaian resistor pararel.
·
Memahami rangkaian
resistor seri.
·
Memahami rangkaian
resistor pararel.
·
Menentukan hambatan
total dalam rangkaian resistor seri dan paralel.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Listrik Dinamis
C. Metode Pembelajaran1
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode
: -
Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa burung yang duduk di kabel bertegangan tinggi tidak
tersengat listrik?
-
Manakah yang lebih terang: dua lampu yang dirangkai seri ataukah secara pararel?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan kuat arus listrik?
-
Apakah keuntungan rangkaian seri?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengertian arus listrik.
F
Menjelaskan
pengertian kuat arus listrik.
F
Mengukur
kuat arus listrik.
F
Menjelaskan
pengertian beda potensial listrik.
F
Membedakan
rangkaian terbuka dan rangkaian tertutup.
F
Menjelaskan
fungsi saklar dan sekring.
F
Membedakan
rangkaian seri dan rangkaian pararel.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian arus listrik.
F
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian kuat arus listrik.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah baterai, sebuah lampu pijar
3 V beserta dudukannya, sebuah ammeter, sebuah saklar, dan kabel secukupnya.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengukur kuat arus
listrik
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian beda potensial.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk membedakan rangkaian terbuka dan rangkaian
tertutup.
F
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menjelaskan fungsi saklar dan sekring dalam
rangkaian listrik.
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan rangkaian seri dan
rangkaian pararel.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Apakah fungsi hambatan listrik pada rangkaian elektronika?
-
Mengapa konduktor (logam) mudah menghantarkan arus listrik?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Faktor apakah yang mempengaruhi besar kecilnya hambatan listrik?
-
Apakah yang dimaksud dengan konduktor?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan bunyi hukum Ohm.
F Menemukan hubungan antara kuat arus dengan
beda potensial.
F Menjelaskan cara mengukur hambatan listrik.
F Membedakan konduktor, isolator, dan semikonduktor.
F Menyebutkan beberapa contoh konduktor,
isolator, dan semikonduktor.
F Menentukan hubungan antara hambatan listrik,
ukuran, dan jenis benda.
F Menentukan besarnya hambatan dari suatu bahan.
F Menyebutkan bunyi hukum I Kirchhoff.
F Memahami hukum I Kirchhoff pada rangkaian
bercabang.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Ohm.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil lima buah baterai, sebuah lampu
beserta dudukannya,sebuah ammeter, sebuah voltmeter, dan kabel secukupnya.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menemukan hubungan
antara kuat arus dengan beda potensial listrik
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik memperhatikan contoh soal penerapan hukum Ohm yang disampaikan oleh guru.
F
Guru
memberikan beberapa soal penerapan hukum Ohm untuk dikerjakan oleh peserta
didik.
F
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara mengukur hambatan listrik.
F
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan kegunaan hambatan listrik dalam
rangkaian elektronika.
F
Peserta
didik memperhatikan perbedaan konduktor, isolator, dan semikonduktor yang
disampaikan oleh guru.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa contoh konduktor,
isolator, dan semikonduktor.
F
Guru
memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen menentukan
hubungan antara hambatan listrik, ukuran, dan jenis bahan
F
Peserta
didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan dua batang
kawat nikrom dan kawat konstantan masing-masing berdiameter 1 mm dan 2 mm
sepanjang 3 m, sebuah voltmeter, sebuah ammeter,sebuah baterai, sebuah meter
gulung, sebuah mikrometer, dan kabel secukupnya.
F Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan
peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Apakah besar arus yang masuk ke titik percabangan sama dengan arus yang keluar dari titik percabangan?
-
Sebutkan macam-macam resistor variabel.
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Sebutkan bunyi hukum I Kirchhoff.
-
Apakah yang dimaksud dengan resistor variabel?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
memfasilitasi
peserta didik Menyebutkan jenis-jenis resistor.
F
memfasilitasi
peserta didik Membedakan rangkaian resistor seri dan rangkaian resistor
pararel.
F
memfasilitasi
peserta didik Memahami rangkaian resistor seri.
F
memfasilitasi
peserta didik Memahami rangkaian resistor pararel.
F
memfasilitasi
peserta didik Menentukan hambatan total dalam rangkaian resistor seri dan
paralel.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
Hukum I Kirchhoff.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil empat buat ammeter, beberapa buah hambatan, sebuah baterai, sebuah
saklar, dan kabel secukupnya.
F Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen memahami hukum I Kirchhoff
F Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan
peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
F Peserta didik memperhatikan contoh soal penerapan
hukum I Kirchhoff yang disampaikan oleh guru.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan jenis-jenis resistor.
F Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai perbedaan rangkaian resistor seri dan rangkaian resistor pararel.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
||||||||
· Menjelaskan konsep arus listrik dan beda
potensial listrik
· Membuat rangkaian komponen listrik dengan
berbagai variasi baik seri maupun paralel
· Menggambarkan arus listrik dan beda
potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
· Menyelidiki
hubungan antara arus listrik
dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm) #
· Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis
bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
· Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk
menghitung V dan I dalam rangkaian
·
Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri
dan paralel
|
· Tes tertulis
· Tes unjuk kerja
· Penugasan
· Penugasan
· Tes unjuk kerja
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
· Uraian
· Uji petik kerja produk
· Tugas rumah
· Tugas proyek
· Tes identifi-kasi
· Uraian
· Uraian
|
· Jelaskan perbedaan
antara arus listrik dan beda potensial listrik!
· Buatlah bagan rangkaian
seri dan paralel dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan!
· Buatlah data simulasi
dan buatlah tabel dan grafik sehingga dapat menunjukkan hubungan antara
besarnya arus listrik dan beda potensial!
· Lakukan percobaan untuk
menemukan hubungan antara arus listrik dan beda potensial dengan menggunakan
alat-alat yang tersedia, laporkan baik secara tertulis maupun secara lesan
melalui presentasi kelas
· Disediakan
bahan-bahan,Kelompokkan bahan-bahan yang termasuk konduktor, isolator dan
semikonduktor!
· Gunakan Hukum Kirchoff
untuk menghitung V dan I pada rangkaian di bawah ini
· Hitunglah besarnya
hambatan pengganti rangkaian listrik seri seperti yang tampak pada gambar di
bawah ini1
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :.............................
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :.............................
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 1 Pada Materi Pokok Kelistrikkan, Percobaan Listrik Dinamis Dalam Suatu Rangkaian Arus Listrik
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.