-->
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu
: 2 X 40’
Standar Kompetensi
3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan prinsip
kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·
Menjelaskan pengertian
beda potensial listrik.
·
Menyebutkan fungsi kapasitor.
·
Menyebutkan syarat
terjadinya arus listrik.
·
Membedakan arah aliran
arus listrik di dalam rangkaian dan di dalam sumber arus.
·
Membedakan gaya gerak
listrik (ggl) dan tegangan jepit.
·
Menjelaskan cara mengukur
gaya gerak listrik (ggl).
·
Menjelaskan cara mengukur
tegangan jepit.
·
Mengukur beda potensial
listrik.
·
Menjelaskan pengertian
elemen listrik.
·
Membedakan elemen listrik
primer dan elemen listrik sekunder.
·
Menyebutkan beberapa
contoh elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
·
Menjelaskan karakteristik
dan prinsip kerja beberapa contoh elemen listrik primer dan elemen listrik
sekunder.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Listrik Dinamis
C. Metode Pembelajaran
1. Model :
- Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana kita dapat mengukur gaya gerak listrik (ggl)?
-
Dapatkah kamu menyebutkan alat elektronik yang tidak menggunakan sumber arus listrik?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan gaya gerak listrik (ggl)?
-
Apakah yang dimaksud dengan elemen listrik?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
memfasilitasi
peserta didik Mendeskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian beda potensial.
F Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan fungsi kapasitor.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan syarat terjadinya arus listrik.
F Peserta didik memperhatikan perbedaan arah
aliran arus listrik di dalam rangkaian dan di dalam sumber arus yang
disampaikan oleh guru.
F Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai perbedaan gaya gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit.
F Peserta didik memperhatikan cara mengukur gaya
gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit yang disampaikan oleh guru.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil dua buah baterai, sebuah lampu pijar 3 V beserta dudukannya, sebuah
voltmeter, sebuah saklar, dan kabel secukupnya.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL)
sumber arus listrik
·
Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer
dan sekunder
· Mengukur tegangan
antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Tes unjuk kerja
|
· Uraian
· Uraian
· Uji petik kerja
|
· Jelaskan apa yang
dimaksud pengertian GGL (Gaya Gerak Listrik)!
· Uraikan bagaimana
prinsip kerja elemen listrik (primer dan sekunder)!
· Ukurlah besar tegangan
listrikdengan menggunakan Voltmeter!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :.............................
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :.............................
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX Semester 1 Pada Materi Pokok Prinsip Kerja Elemen dan Arus Listrik Yang Ditimbulkannya
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.