Monday 1 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX Semester 1 Pada Materi Pokok Prinsip Kerja Elemen dan Arus Listrik Yang Ditimbulkannya

-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah              : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester            : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu    :  2 X 40’

Standar Kompetensi
             3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
              3.3   Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya                              serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
·         Menjelaskan pengertian beda potensial listrik.
·         Menyebutkan fungsi kapasitor.
·         Menyebutkan syarat terjadinya arus listrik.
·         Membedakan arah aliran arus listrik di dalam rangkaian dan di dalam sumber arus.
·         Membedakan gaya gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit.
·         Menjelaskan cara mengukur gaya gerak listrik (ggl).
·         Menjelaskan cara mengukur tegangan jepit.
·         Mengukur beda potensial listrik.
·         Menjelaskan pengertian elemen listrik.
·         Membedakan elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
·         Menyebutkan beberapa contoh elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
·         Menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja beberapa contoh elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
        Listrik Dinamis

C. Metode Pembelajaran
           1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
               2.  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
          a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
     -   Bagaimana kita dapat mengukur gaya gerak listrik (ggl)?
     -   Dapatkah kamu menyebutkan alat elektronik yang tidak menggunakan              sumber arus listrik?
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah yang dimaksud dengan gaya gerak listrik (ggl)?
     -   Apakah yang dimaksud dengan elemen listrik?
·         Pra eksperimen:
    -   Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     memfasilitasi peserta didik Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian beda potensial.
F     Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan fungsi kapasitor.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat terjadinya arus listrik.
F     Peserta didik memperhatikan perbedaan arah aliran arus listrik di dalam rangkaian dan di dalam sumber arus yang disampaikan oleh guru.
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan gaya gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit.
F     Peserta didik memperhatikan cara mengukur gaya gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit yang disampaikan oleh guru.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah baterai, sebuah lampu pijar 3 V beserta dudukannya, sebuah voltmeter, sebuah saklar, dan kabel secukupnya.
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
                 
E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Terpadu
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Alat dan bahan praktikum
       d. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
·     Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
·     Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
·   Tes tertulis

·   Tes tertulis


·   Tes unjuk kerja
·   Uraian

·   Uraian


·   Uji petik kerja
·   Jelaskan apa yang dimaksud pengertian GGL (Gaya Gerak Listrik)!
·   Uraikan bagaimana prinsip kerja elemen listrik (primer dan sekunder)!
·   Ukurlah besar tegangan listrikdengan menggunakan Voltmeter!



                                
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :.............................



Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX Semester 1 Pada Materi Pokok Prinsip Kerja Elemen dan Arus Listrik Yang Ditimbulkannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email