Monday 1 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 2 Pada materi Pokok Konsep Kemagnetan dan Cara Membuat Magnet


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah              : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester            : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu    :  3 X 40’ ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi
    4.    Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
4.1.  Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian magnet.
2.      Menyebutkan macam-macam magnet.
3.      Membedakan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
4.      Menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
5.      Mengamati arah gerak magnet batang.
6.      Membedakan magnet alam dan magnet buatan.
7.      Menjelaskan cara membuat magnet buatan.
8.      Menjelaskan sebab-sebab hilangnya sifat kemagnetan suatu bahan.
9.      Menjelaskan pengertian medan magnet.
10.  Menjelaskan pengertian garis gaya magnet.
11.  Mengamati gaya antar-kutub magnet dan medan magnet.
12.  Menjelaskan medan magnet bumi.
13.  Membedakan sudut deklinasi dan sudut inklinasi.
14.  Menjelaskan pengertian kuat medan magnet.
15.  Menyebutkan faktor yang mempengaruhi besarnya medan magnet.
16.  Mencari hubungan antara arah arus, medan magnet, dan kuat arus listrik.
17.  Menjelaskan cara menentukan arah medan magnet.
18.  Mengamati arah medan magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik.
19.  Mengamati medan magnet kumparan berarus.

v      Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
         Kemagnetan

C. Metode Pembelajaran
1.  Model   :   -   Direct Instruction (DI)
                                         -   Cooperative Learning

                2.  Metode :  
                           -   Diskusi kelompok    
                           -   Ceramah
                            -   Eksperimen
                            -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
                        Motivasi dan Apersepsi:
·      Apakah aluminium tergolong bahan feromagnetik atau paramagnetik?
·      Apakah kita dapat membuat magnet?
Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan bahan paramagnetik?
·      Bagaimana cara membuat magnet?
Pra eksperimen:
·      Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan pengertian magnet.
F     Menyebutkan macam-macam magnet.
F     Membedakan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F     Menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F     Mengamati arah gerak magnet batang.
F     Membedakan magnet alam dan magnet buatan.
F     Menjelaskan cara membuat magnet buatan.
F     Menjelaskan sebab-sebab hilangnya sifat kemagnetan suatu bahan.
F     Menjelaskan pengertian medan magnet.
F     Menjelaskan pengertian garis gaya magnet.
F     Mengamati gaya antar-kutub magnet dan medan magnet.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian magnet.
F     Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam magnet.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah magnet batang, sebuah statif, dan seutas benang.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati arah gerak magnet batang
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan magnet alam dan magnet buatan.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara membuat magnet dan hal-hal yang dapat menghilangkan sifat kemagnetan suatu bahan.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian medan magnet dan garis gaya magnet.
F     Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati gaya antar-kutub magnet batang dan medan magnet
F     Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan dua buah magnet batang, sebuah statif, seutas benang, selembar kertas HVS, dan sejumput serbuk besi.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.


PERTEMUAN KEDUA
             a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
·      Bagaiamana cara menentukan sudut inklinasi?
·      Bagaimana hubungan antara kuat medan magnet dan kuat arus listrik?
·       Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan inklinasi?
·      Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya medan magnet?
·         Pra eksperimen:
·      Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati arah medan magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik dan mengamati medan magnet kumparan berarus
F     Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan kawat lurus panjang 20 cm, sebuah kompas kecil, selembar karton seukuran kuarto, sebuah baterai 9 V, sebuah saklar, kabel penghantar secukupnya, sebuah magnet batang, kawat tembaga sepanjang 20 cm, dan serbuk besi secukupnya.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan medan magnet bumi.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sudut deklinasi dan sudut inklinasi.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan cara menentukan sudut deklinasi dan sudut inklinasi.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kuat medan magnet.
F     Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor yang mempengaruhi besarnya medan magnet.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah kompas, kawat lurus sepanjang 20 cm, hambatan geser, sebuah ammeter, sebuah baterai 9 V, kabel penghantar secukupnya, sebuah saklar, dan dua buah penumpu.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mencari hubungan antara arah arus, medan magnet, dan kuat arus listrik
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan arah medan magnet.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Terpadu
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan
 d. Alat dan bahan praktikum


F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menunjukkan sifat kutub magnet
·   Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
·    Memaparkan teori kemagnetan bumi
·    Menjelaskan sifat  medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik

·   Tes unjuk kerja

·   Tes unjuk kerja

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis
·   Tes identifikasi
·   Uji petik kerja produk
·   Uraian

·   Uraian
·   Tunjukkan bagian-bagian magnet pada magnet batang!
·   Lakukanlah cara untuk membuat magnet jika disediakan besi lunak dan magnet batang
·   Jelaskan tentang teori kemagnetan bumi!
·   Jelaskan arah arus listrik dan arah medan magnet disekitar kawat berarus listrik!




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :.............................



Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 2 Pada materi Pokok Konsep Kemagnetan dan Cara Membuat Magnet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email