-->
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu
: 6 X 40’ ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi
3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik
serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·
Menjelaskan faktor-faktor
yang menentukan energi listrik.
·
Mengamati hubungan antara
kalor dengan beda potensial.
·
Mengamati hubungan antara
kalor dengan kuat arus listrik.
·
Mengamati hubungan antara
kalor dengan lama aliran arus listrik.
·
Menjelaskan rumusan energi
listrik.
·
Menyebutkan asas Black.
·
Menjelaskan penerapan asas
Black dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyebutkan alat-alat
pengubah energi listrik.
·
Menjelaskan karakteristik
dan prinsip kerja beberapa alat pengubah energi listrik.
·
Menjelaskan pengertian
daya listrik.
·
Menjelaskan hubungan
antara daya listrik dan energi listrik.
·
Menjelaskan
langkah-langkah untuk menentukan energi listrik
dalam satuan kWh.
·
Menyebutkan kesetaraan nilai
antara kWh dan joule.
·
Menjelaskan cara melakukan
penghematan dalam menggunakan energi.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Energi
dan Daya Listrik
C. Metode Pembelajaran
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana cara menentukan besarnya energi listrik?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Sebutkan besaran yang menentukan nilai energi listrik
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor-faktor yang menentukan energi
listrik.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kawat nikelin sepanjang 1 m, lima
buah baterai, sebuah hambatan geser, sebuah ammeter, sebuah saklar, sebuah
voltmeter, sebuah stopwatch, sebuah termometer dan kabel secukupnya.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati hubungan
antara kalor dengan beda potensial, kuat arus listrik, dan lama aliran arus
listrik
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa elemen pemanas alat-alat listrik umumnya berupa lilitan?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Sebutkan alat-alat pengubah energi listrik.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan penerapan asas Black dalam
kehidupan sehari-hari.
F Menyebutkan alat-alat pengubah energi listrik.
F Menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja
beberapa alat pengubah energi listrik.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan asas Black.
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan asas Black dalam
kehidupan sehari-hari.
F
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan alat-alat pengubah energi listrik.
F
Guru
membagi tugas kelompok:
·
2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja setrika listrik.
·
2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja kompor listrik.
·
2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja solder listrik.
·
2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja kipas angin.
·
2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja bel listrik.
F
Tugas
kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
F
Setiap
kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
F
Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana PLN menghitung biaya energi listrik yang dipakai pada sebuah rumah?
-
Mengapa lampu TL lebih hemat pemakaiannya dibandingkan lampu pijar?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana langkah-langkah untuk menentukan energi listrik
dalam satuan kWh?
-
Bagaimana cara melakukan penghematan dalam menggunakan energi listrik?
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
memfasilitasi
peserta didik Mendeskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
Menjelaskan
langkah-langkah untuk menentukan energi listrik
F
dalam
satuan kWh.
F
Menyebutkan
kesetaraan nilai antara kWh dan joule.
F Menjelaskan cara melakukan penghematan dalam
menggunakan energi.
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan rumusan daya listrik.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan langkah-langkah untuk menentukan energi listrik dalam satuan kWh.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik
yang digunakan.
·
Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi
listrik, dan satuannya (kWh dan Joule)
·
Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam
perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera
pada kWh meter
· Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi
energi bentuk lain
· Mempraktikkan penghematan energi dalam
kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Penugasan
· Penugasan
· Tes unjuk kerja
|
· Uraian
· Uraian
· Tugas rumah
· Proyek
· Uji petik kerja
prosedur
|
· Tentukan energi listrik
yang digunakan bila tegangan dan kuat arus diketahui!
· Tentukan energi listrik
dalam satuan KWh bila daya listrik diketahui dalam satuan joule!
· Lihatlah KWh meter yang
ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai
selama 1 bulan!
· Lakukan percobaan
tentang energi listrik, kemudian amati perubahan energi listrik yang terjadi!
· Ceritakan bagaimana
cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :.............................
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :.............................
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX Semester 1 pada Materi Pokok Hubungan Energi dan Daya Listrik Serta Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari-Hari
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.