Monday 15 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 1 Pada Materi Pokok Sikap Positif Terhadap Makna Proklamasi Kemerdekaan RI Serta Suasana Kebatinan Konstitusi Pertama


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                  :     SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                 :     VII/I
Standar kompetensi       2.   Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar            :     2.4. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi  kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.
Alokasi waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan;
3. menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45 (semangat perjuangannya);
4. menunjukkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
3. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya).
4. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.

C. Metode
Ceramah bervariasi dan penugasan.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§         Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan.
2).  Elaborasi
§         Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
§         Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi.

3) Konfirmasi
§         Guru memberikan klarifikasi.
§         Guru meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan yang dirasakannya.
Penutup
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilakukan.

2. Pertemuan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
§         Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang nilai-nilai ‘45 dan hubungannya dengan kehidupan masa kini.
2).  Elaborasi
§         Guru membagi siswa dalam 8 kelompok.
§         Tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam mengisi kemerdekaan.
§         Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
§         Kelompok lain menanggapi.
3) Konfirmasi
§         Guru memberikan klarifikasi
Penutup
a.       Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.      Siswa mengisi kuesioner: check list (V)

E.   Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • UUD 1945
  • Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, teks Proklamasi

F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·Menerapkan  cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
·Memberi contoh cara menghargai para pahlawan
·Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan
·Menunjukkan perilku positif  terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI.


Penilaian diri

























Penilaian antar teman


Quesioner


























Lembar penilaian antar teman



Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYA-TAAN
YA
TDK
1
Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia


2
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden


3
UUD 1945 petrtama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI


4
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945


5



Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan  ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)

Penialain perilaku melalui pengamatan  ( Instrumen terlampir ).
                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................









Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 1 Pada Materi Pokok Sikap Positif Terhadap Makna Proklamasi Kemerdekaan RI Serta Suasana Kebatinan Konstitusi Pertama
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email