Wednesday 3 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII Semester 1 Pada Materi Pokok Makna Proklamasi dan Konstitusi Pertama di Indonesia


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                  :      SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                 :     VII/I
Standar kompetensi         :     2.   Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar            :     2.1.      Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
Alokasi waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan.
2.      Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.      Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.

Karakter siswa yang diharapkan :  
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
Integritas ( integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Pembelajaran
1.      Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2.      Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

C. Metode
      Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran (Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar)
1.      Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan  dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan
2).  Elaborasi
§         Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah tahun 1908.
§         Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber (buku) yang berisi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan.
§         Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
§         Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda berdasarkan masalah yang telah disiapkan guru.
§         Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya adalah peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
§         Masing-masing kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi.   
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup
a.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi.
b.     Post test sebagai unpan balik.
c.      Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.

2.      Pertemuan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan  dicapai.

KegiatanInti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
2).  Elaborasi
§         Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan, dilanjutkan dengan pembagian kelompok (menjadi 5 kelompok).
§         Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan pewarisan semangat peroklamasi kemerdekaan.
§         Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya, sementara itu kelompok lain menanggapi.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Penutup
     a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
     b.Posttest
     c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk 
         mewawancarai saksi hidup Pahlawan  Kemerdekaan.

E.   Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII 
·         Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
·         Artikel-artikel, teks Proklamasi
·         Naskah Pidato sidang PPKI
·         Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
·         UUD 1945
F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menguraikan ciri-ciri  perjuangan bangsa Indo nesia sebelum dan sesudah Tahun 1908.


· Menjelaskan penderitaan rakyat pada masa penjajahan.

· Menjelaskan faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya

· Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa

· Menjelaskan  pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Tes lisan


Tes Tertulis


























Tes Tertulis



Daftar pertanya-an

Pilihan ganda


























Uraian





Jelaskan ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908!

Pernyataan :
1. Rakyat tidak dapat menentukan masa depannya
2. terjadi kemiskinan dan kelaparan
3. kesempatan  menikmati pendidikan
4. rakyat disuruh kerja paksa
    Dari pernyataan di atas pada masa penjajahan penderitaan yang dialami oleh rakyat ditunjukkan nomor ….
a. 1 , 2  dan  3  c. 1, 3 dan 4
b. 1, 2 dan  4. d. 2, 3 dan 4

Dikumandangkannya Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu atas dorongan ….
a.   negara tetangga yang berkerja sama dengan Indonesia
b.   agar dihormati dan di hargai oleh bangsa lain
c.   keinginan luhur seluruh rakyat Indonesia
d.   keinginan untuk menjadi Negara berkembang

Arti penting  kemerdekaan suatu bangsa adalah ….
a.   bangsa itu bebas menentukan masa depannya tanpa  dipengaruhi bangsa lain
b.  bebas menentukan negaranya sesuai keinginan pimpinan negaranya
c.   berhak mengatur pemerintahannya atas bantuan Negara lain
d.  bebas bekerjasama dengan Negara lain asalkan menguntungkan    

Jelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan. 

Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan!

Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!

Mengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi muda?

Siapakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik proklamasi?

Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan kemerdekaan kepada kita?

Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan?

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
















Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII Semester 1 Pada Materi Pokok Makna Proklamasi dan Konstitusi Pertama di Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email