RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2.
Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Alokasi
waktu : 4 x 40
menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan
secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi
kemerdekaan.
2.
Menjelaskan
makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.
Mendeskripsikaan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Karakter siswa yang diharapkan :
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
Integritas (
integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1.
Perjuangan
bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2.
Makna dan
arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
C. Metode
Tanya
jawab, diskusi, analisis, penugasan.
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran (Strategi Pembelajaran/
Kegiatan belajar)
1. Pertemuan
I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya perjuangan
bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan
2).
Elaborasi
§
Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa yang
pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah
tahun 1908.
§
Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber (buku)
yang berisi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan.
§
Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri
atas 5 orang.
§
Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda
berdasarkan masalah yang telah disiapkan guru.
§
Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya
adalah peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
§
Masing-masing
kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a.
Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi.
b.
Post test sebagai unpan balik.
c.
Tindak
lanjut dnegan pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.
2. Pertemuan
II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
KegiatanInti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya pewarisan
semangat proklamasi kemerdekaan.
2).
Elaborasi
§
Penjelasan
tentang skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan, dilanjutkan dengan
pembagian kelompok (menjadi 5 kelompok).
§
Masing-masing
kelompok mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan pewarisan
semangat peroklamasi kemerdekaan.
§
Setiap
kelompok memperesentasikan hasil diskusinya, sementara itu kelompok lain
menanggapi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
b.Posttest
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
mewawancarai saksi hidup Pahlawan Kemerdekaan.
E. Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·
Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
·
Artikel-artikel, teks Proklamasi
·
Naskah Pidato sidang PPKI
·
Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
·
UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menguraikan ciri-ciri perjuangan bangsa Indo nesia sebelum dan
sesudah Tahun 1908.
· Menjelaskan penderitaan rakyat pada masa
penjajahan.
· Menjelaskan faktor yang menjadi pemicu
rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya
· Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu
bangsa
· Menjelaskan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
|
Tes lisan
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Daftar
pertanya-an
Pilihan ganda
Uraian
|
Jelaskan ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908!
Pernyataan :
1. Rakyat tidak dapat menentukan masa depannya
2. terjadi kemiskinan dan kelaparan
3. kesempatan
menikmati pendidikan
4. rakyat disuruh kerja paksa
Dari pernyataan di atas pada masa
penjajahan penderitaan yang dialami oleh rakyat ditunjukkan nomor ….
a. 1 , 2 dan 3 c.
1, 3 dan 4
b. 1, 2
dan 4. d. 2, 3 dan 4
Dikumandangkannya
Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu atas dorongan ….
a. negara tetangga yang berkerja sama dengan
Indonesia
b. agar dihormati dan di hargai oleh bangsa
lain
c. keinginan luhur seluruh rakyat Indonesia
d. keinginan untuk menjadi Negara berkembang
Arti penting kemerdekaan suatu
bangsa adalah ….
a. bangsa itu bebas
menentukan masa depannya tanpa
dipengaruhi bangsa lain
b. bebas menentukan
negaranya sesuai keinginan pimpinan negaranya
c. berhak mengatur
pemerintahannya atas bantuan Negara
lain
d. bebas bekerjasama dengan Negara lain asalkan
menguntungkan
Jelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang
terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan!
Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!
Mengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting
bagi generasi muda?
Siapakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam
peristiwa detik-detik proklamasi?
Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh
pahlawan kemerdekaan kepada kita?
Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII Semester 1 Pada Materi Pokok Makna Proklamasi dan Konstitusi Pertama di Indonesia
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.