RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan
dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dan pecahan.
A. Tujuan
Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama :
o
Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
o
Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
-
Pertemuan Kedua :
o
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
o
Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan
pembagian bilangan bulat.
-
Pertemuan Ketiga :
o
Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga
serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
-
Pertemuan Empat :
o
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan
harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara
menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
-
Pertemuan Kelima:
o
Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan
jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan
permil.
o
Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk
pecahan yang lain.
o
Peserta didik dapat mengurutkan pecahan.
-
Pertemuan dan Keenam:
o
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung:
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.
o
Peserta didik dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk
baku.
o
Peserta didik dapat menaksir hasil operasi hitung pecahan
dan bilangan desimal.
-
Pertemuan Ketujuh :
o
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan
harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pecahan biasa dan campuran,
pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, persen,
permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan
desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan
menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Bilangan Bulat, yaitu mengenai:
a.
Mengenal bilangan
negatif.
b.
Menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi bilangan
bulat.
c.
Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
d.
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat
dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
e.
Mengingat bilangan
pecahan.
f.
Mengenal pecahan biasa dan campuran.
g.
Mengenal pecahan yang senilai.
h.
Mengurutkan pecahan.
i.
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya.
j.
Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.
k.
Menyelesaikan operasi hitung pecahan dan bilangan
desimal.
l.
Menyelesaikan perpangkatan pecahan.
m. Menuliskan bilangan
pecahan bentuk baku.
n.
Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan
desimal.
C. Metode
Pembelajaran
þ
Ceramah,
þ
tanya jawab,
þ
diskusi,
þ
pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama
A. Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan
tentang pentingnya mempelajari materi ini.
B. Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Sugi dan Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
F
Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta
antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik Membaca teks puisi dengan lafal dan
intonasi yang tepat
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi
Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan
cacah, serta bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak
bilangan bulat dalam garis bilangan,
pengurutan bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas
individu.
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
Ø
Pertemuan Kedua
A.Pendahuluan :- Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas PR.
B. Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh
guru mengenai cara melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran, kemudian antara peserta
didik dan guru mendiskusikan ateri tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika Kelas VII Semester 1,
mengenai menjumlahkan bilangan bulat (dengan garis bilangan atau model
koin), mengenai mengurangkan bilangan bulat (dengan garis bilangan atau model
koin), mengenai mengalikan bilangan bulat, dan mengenai membagi bilangan
bulat).
F
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan (dengan garis
bilangan atau model koin), perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk
operasi campuran.
F
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
contoh dalam buku paket pada mengenai cara menjumlahkan bilangan bulat dengan
bantuan garis bilangan, mengenai cara menjumlahkan bilangan bulat dengan model
koin, berturut-turut mengenai cara mengurangkan bilangan bulat dengan bantuan
garis bilangan dan model koin.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“
dalam buku paket berturut-turut mengenai penjumlahan bilangan bulat dengan
menggunakan garis bilangan dan model koin, dan
berturut-turut mengenai pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan
garis bilangan dan model koin.
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi
Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penjumlahan bilangan
bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin, serta sifat-sifat pada
operasi penjumlahan, mengenai pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan
garis bilangan dan model koin, serta sifat-sifat pada operasi pengurangan, juga
mengenai pertanyaan terbuka, operasi campuran, dan pola bilangan, mengenai
perkalian bilangan bulat dan operasi pangkatnya, dan mengenai pembagian
bilangan bulat dan operasi pangkatnya, kemudian peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja
Aktif“ dalam buku paket mengenai hasil perkalian dua bilangan bulat yang
bertanda sama dan berbeda tanda, mengenai sifat perkalian bilangan berpangkat
pada blangan bulat, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal tersebut.
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket.
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
Ø
Pertemuan Ketiga
A.Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas
PR.
B. Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi
oleh guru mengenai cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat,
dan cara menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 1, mengenai cara menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan. mengenai cara menghitung
kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan
bulat dengan atau tanpa kalkulator, mengenai pemecahan masalah).
F
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan
bulat, dan cara menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
F
Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal dari “Evaluasi Mandiri“ dan
“Portofolio“.
Ø
Pertemuan Keempat
A. Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Memotivasi siswa agar
dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan,
dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat,
dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat
tiga bilangan bulat.
B. Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan
harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara
menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat..
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
F
Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal
ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik
mencontek.
F
Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan
soal ulangan harian telah selesai.
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
F
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang bilangan pecahan.
Ø
Pertemuan Kelima
A. Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
B. Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi
oleh guru mengenai contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan (bilangan
pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil), cara mengubah bentuk
pecahan ke bentuk pecahan yang lain, dan cara mengurutkan pecahan, kemudian
antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket,
yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,
mengenai mengingat bilangan pecahan, mengenai mengenal pecahan biasa dan
campuran, mengenai mengenal pecahan yang senilai, mengenai mengurutkan pecahan,
mengenai mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya,
mengenai mengenal persen dan permil, dan mengenai mengenal bilangan desimal).
F
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan
(bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil), cara mengubah
bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain, dan cara mengurutkan pecahan.
F
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
contoh dalam buku paket pada mengenai penulisan bilangan pecahan yang
ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diwarnai dan diraster, mengenai cara
mencari pecahan yang senilai, mengenai cara menyederhanakan suatu pecahan,
mengenai cara mengurutkan pecahan, mengenai cara mengubah pecahan biasa menjadi
pecahan campuran dan sebaliknya, mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke
dalam bentuk persen dan permil dan sebaliknya, dan mengenai cara mengubah
pecahan biasa ke dalam bentuk desimal, cara mengurutkan beberapa bilangan
desimal menggunakan garis bilangan, dan cara membulatkan bilangan desimal
sampai satu dan dua tempat desimal.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“
dalam buku paket mengenai bilangan pecahan, mengenai penulisan bilangan pecahan
yang ditunjukkan oleh suatu model gambar, mengenai penentuan pecahan yang
senilai, mengenai mengurutkan pecahan, mengenai mengubah pecahan biasa menjadi
pecahan campuran dan sebaliknya, mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke
dalam bentuk persen dan permil dan sebaliknya, dan mengenai bilangan desimal
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi
Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penulisan bilangan
pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diarsir, mengenai
penentuan pecahan yang senilai, dan penyederhanaan pecahan, mengenai pengurutan
pecahan, mengenai pengubahan pecahan
biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, mengenai penulisan suatu pecahan
biasa ke dalam bentuk persen dan permil dan sebaliknya, dan mengenai pengubahan
pecahan biasa atau campuran ke dalam bentuk desimal dan sebaliknya, pengubahan
suatu bilangan desimal dalam bentuk persen, pengurutan beberapa bilangan
desimal menggunakan garis bilangan, dan pembulatkn bilangan desimal sampai satu
dan dua tempat desimal, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja
Aktif“ dalam buku paket mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan
oleh suatu model gambar yang diwarnai/diraster, dan mengenai pengurutan
pecahan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal tersebut.
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket.
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
Ø
Pertemuan Keenam
A. Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
B. Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi
oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan
pecahan dan bilangan desimal, cara menuliskan bilangan pecahan bentuk baku,
serta cara menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal, kemudian
antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket,
yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,
mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan pecahan, mengenai cara menyelesaikan operasi
hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan desimal,
mengenai cara menyelesaikan perpangkatan pecahan, mengenai cara menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku, serta mengenai cara menaksir hasil operasi hitung
pecahan dan bilangan desimal).
F
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal, cara menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku, serta cara menaksir hasil operasi hitung pecahan dan
bilangan desimal.
F
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
contoh dalam buku paket pada mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan
pengurangan pecahan, mengenai cara menyelesaikan perkalian pecahan, mengenai
cara menyelesaikan pembagian pecahan, mengenai cara menyelesaikan penjumlahan
dan pengurangan bilangan desimal, mengenai cara menyelesaikan perkalian dan pembagian
bilangan desimal, mengenai cara menuliskan bilangan desimal ke dalam bentuk
baku, mengenai cara menaksir hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan,
mengenai cara menaksir hasil operasi perkalian dan pembagian pecahan, mengenai
cara menaksir hasil operasi penjumlahan desimal, dan mengenai cara menaksir
hasil operasi perkalian dan pembagian desimal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi
Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penjumlahan dan
pengurangan pecahan, mengenai perkalian dan pembagian pecahan, mengenai
pemecahan masalah, mengenai penjumlahan dan pengurangan desimal, mengenai
perkalian dan pembagian bilangan desimal, mengenai perpangkatan pecahan atau
desimalmengenai penulisan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, mengenai
penaksiran hasil operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan desimal.
F
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja
Aktif“ dalam buku paket mengenai perkalian pecahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
Ø
Pertemuan Ketujuh.
A. Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Memotivasi siswa agar
dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan
pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi
pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal,
menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan desimal, dan perpangkatan
pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi
hitung pecahan dan bilangan desimal.
B. Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi
oleh guru mengenai cara Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan
dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan
harian.
F
Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal
ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik
mencontek.
F
Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan
soal ulangan harian telah selesai.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop,LCD,OHP
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Ø
Memberikan contoh bilangan
bulat.
Ø
Menentukan letak
bilangan bulat dalam garis bilangan.
Ø
Melakukan operasi penjumlah-an,
pengurang-an, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi
campuran.
Ø
Menaksir hasil perkalian dan
pembagian bilangan bulat.
Ø
Menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
Ø
Memberikan contoh berbagai
bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal,
persen, dan permil.
Ø
Mengubah bentuk pecahan ke
bentuk pecahan yang lain.
Ø Mengurut-kan pecahan.
Ø Menyelesai-kan operasi
hitung: penjumla-han, pengurang-an, perkalian, pembagian, dan pangkat
bilangan pecahan dan bilangan desimal.
Ø
Menuliskan bilangan pecahan
bentuk baku.
Ø
Menaksir hasil operasi hitung
pecahan dan bilangan desimal.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1.
Perhatikan daftar berikut: -60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.
a. Tulislah bilangan bulat
positifnya.
b. Tulislah bilangan bulat
negatifnya.
c.
Manakah yang bukan
bilangan
bulat positif
maupun
negatif.
2. Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam
sebuah garis bilangan.
a.
-6, 5, -8, 0, 1
b.
-1, -2, 3, 4, 10
3. Hitunglah.
a. 4 + (-6)
b. -14 – (-20)
c. 3 x (-7 + 10)
d. 18
: (-3)
4. Hitunglah.
a. Kuadrat dari (-20)
b.
c.
d.
5. Dalam
suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan
bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21
menang, dan 3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ....
6. Sederhanakanlah
bentuk perkalian 3 ´ 3 ´ 3 ´ 5 ´ 5 ´ 5 menjadi bentuk pangkat
tiga, kemudian hitunglah.
7. Tulislah
sebagai pecahan
biasa.
8. Tulislah
sebagai pecahan
campuran.
9. Tulislah dalam persen dan
permil.
10. Urutkan pecahan-pecahan berikut dari yang
terkecil.
a.
b.
11. Ubahlah pecahan dalam bentuk desimal.
12. Hitunglah:
a.
b.
c. 16,7 + 4,25
d. 5,8
– 4,37
e.
13. Tulislah dalam bentuk
a.
0,00000007201
b.
25,6
14. Taksirlah.
a.
b.
c. 1,39 + 0,69
d. 72,3 : 8,7
15. Jika , berapakah nilai
?
16. Berapakah
9 + 18 : 4,5 ?
a.
6 c. 31,5
b. 13
d. 36
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( .........................................................
)
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
Contoh RPP Berkarakter---Matematika SMP Kelas VII Semester 1 Pada Materi Pokok Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan dan Penggunaannya; Bilangan Bulat dan Pecahan; operasi campuran
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.