FB My Tweet Website Owner Follow Twet Islami Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

Alumni Pendidikan Biologi Universitas Lampung

Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Recent Comments

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Automatic Elvira Links Free Backlink Service, Links Building 4 Free Florists Links Text Back Link Exchange PR Checker HyperSmash Pingates Google Pagerank icon Free PageRank Checker Wahid Biyobe Free Web Submission Text Back Links Exchanges

Meta Tag Generator

PR Checker

Contoh RPP Berkarakter---SMP Kelas VII Semester 1 Pada Materi Pokok Suasana Sidang BPUPKI, PPKI, dan Pokok-Pokok Pikiran UUD 1945


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                  :      SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                 :     VII/I
Standar kompetensi         :     2.   Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar            :     2.2.      Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama.
Alokasi waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
      Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menjelaskan dengan singkat suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945;
2. menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945;
3. menguraikan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship )

B.   Materi Pembelajaran
1.   Suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945
2.   Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
3.   Pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945

C. Metode
      Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan belajar)
1.      Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
2).  Elaborasi
  • Tanya jawab dan penjelasan tentang suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
  • Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar (buku, artikel, naskah pidato) tentang suasana sidang BPUPKI tahun 1945 dan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
  • Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang BPUPKI , hasil sidang, dan pokok pikiran pembukaan UUD 1945.
  • Mendiskusikan bagaimana jalannya simulasi yang telah dilakukan dan memberikan laporan tertulis.

3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup
a.      Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Post test sebagai umpan balik bagi guru.
c.      Memberikan tugas-tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya sebagai tindak lanjut.

2.      Pertemuan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
   Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
2).  Elaborasi
  • Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber (buku teks siswa) tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
  • Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
  • Dengan difasilitasi guru, siswa berusaha mengklarifikasi tentang hasil-hasil tanya jawab yang telah dilakukan sebelumnya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Siswa mengerjakan tugas-tugas individu.
Penutup
    a. Dengan bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman materi tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dan hasil-hasilnya.
     b. Mengadakan post test.
     c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan  dipelajari pada minggu berikutnya.

E.   Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII  ,
·         UUD 1945
·         Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
·         Artiel-artikel, teks Proklamasi
·         Narasumber (saksi hidup)


F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menjelaskan peristiwa Rengas Dengklok

· Menjelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi

· Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
· Menjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945

· Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945


Penugasn


Tes Tertulis








Tes lisan


Tes Tertulis








Tes Tertulis
Pekerjaan rumah

Pilihan ganda








Daftar pertanyaan

Pilihan ganda








 Uraian

Buatkan rangkuman , Peristiwa Rengas Dengklok dan peristiwa perumusan naskah proklamasi!

Proklamasi kemerdekaan RI memiliki arti penting sebagai ….
a. pangkal  pelaksanaan pembangunan
   disegala bidang
b. titik puncak perjuangan bangsa
   Indonesia melawan penjajahan
c.akhir menangani suatu masalah
   bangsa Indonesia
d.akhir pelaksanaan hukum
   internasional
Sila keberapa yang di permasalhkan dalam sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

Pernyataan :
1. pembentukan MPR
2. menetapkan Pancasila dan UUD 1945
3. menetapkan  Presiden dan wakil presiden
4. pembentukan KNIP
Dari pernyataan di atas   hasil  sidang  PPKI 18 Agustus 1945  ditunjukkan nomor ….
a. 1, 2  dan  3  c. 1, 3 dan 4
b. 1, 2  dan  4  d. 2, 3 dan 4

Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang BPUPKI!

Sebutkan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945!
Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!

Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki pemimpin (presiden)?

Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?

Apa yang kalian ketahui tentang konstitusi?

Apa nama konstitusi negara Indonesia?

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................





Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Wahid Priyono - Rabu, 03 Oktober 2012 - 06.43

Belum ada komentar untuk "Contoh RPP Berkarakter---SMP Kelas VII Semester 1 Pada Materi Pokok Suasana Sidang BPUPKI, PPKI, dan Pokok-Pokok Pikiran UUD 1945"

Poskan Komentar