Monday 29 October 2012

Struktur Histologi Jaringan Otot Pada Manusia Modern Menurut Pendapat Para Ahli Biologi---Pendapat Frandson 1992, Tri Jalmo 2005, Dan Nuning 2005

-->
2.3 Otot

Sel-sel otot sangatlah mengalami pengkhususan untuk berlangsungnya kontraksi. Banyak respon dari organisme bertulang belakang (vertebrata) terhadap perubahan lingkungan tergantung pada kontraksi otot. Respon tersebut menyangkut aktivitas sedemikian luasnya, seperti berjalan, bernafas, makan, transpor, pengeluaran makanan, sirkulasi darah dan kebanyakan aktivitas yang berkaitan dengan reproduksi.



Jaringan ikat sangat berkaitan dengan semua sel atau serabut otot untuk membentuk tali kendali yang agak elastis, sehingga tarikan yang dihasilkan oleh kontraksi otot dapat dimanfaatkan. Jaringan ikat antara sel otot juga berperan sebagai alur untuk pembuluh-pembuluh dan saraf otot, ( Frandson, 1992).



2.4  Jaringan otot

Jaringan otot bertanggungjawab terhadap gerakkan tubuh/bagian tubuh, dilakukkan secara sadar dan tidak sadar. Ada tiga jenis (1) jaringan otot polos, (2) Jaringan otot jantung dan (3) jaringan otot lurik (otot rangka).



Jaringan ini berasal dari mesoderm, kecuali otot pada iris yang berasal dari ectoderm, otot jantung berasal dari mesoderm viseral (bagian dari mesoderm lateral). Penamaan: Sitoplasmanya disebut sarkoplasma; retikulum endoplasmanya disebut retikulum sarcoplasma; mitokondrianya disebut sarkosom; dan membran selnya disebut sarkolemma.

(Trijalmo, 2005).



2.5 Struktur histologi jaringan otot

Secara histologis otot terdiri atas dua jenis, yaitu:

1.      Otot polos. Sel otot polos berinti lonjong, sel yang sedang mengkerut intinya tampak melingkar, miofibrilnya homogen sehingga tidak menampakkan keping gelap terang.

2.      Otot bergaris melintang

A. Otot rangka. Serabut ototnya pada penampang memanjang tampak sebagai pita-pita panjang yang tersusun sejajar satu sama lain. Sel otot rangka berinti oval, jumlahnya banyak, dan terdapat di tepi serabut. Miofibril serabut otot mengandung keping-keping gelap dan terang secara berurutan dan pada tiap miofibril terletak pada ketinggian yang sama. Di antara serabut otot terdapat jaringan ikat kendur yang disebut endomesium.

B. Otot jantung. Sel otot jantung berbentuk panjang, bercabang-cabang, dan bergabung satu sama lain dengan perantaraan cabang-cabangnya. Sel ini berinti oval dan berwarna pucat, terletak di tengah serabut. Serabut otot jantung bergaris melintang, tetapi tidak sejelas pada otot rangka, pada tempat tertentu terdapat keping-keping interkalar, (Nuning,2005).


Artikel Terkait

Struktur Histologi Jaringan Otot Pada Manusia Modern Menurut Pendapat Para Ahli Biologi---Pendapat Frandson 1992, Tri Jalmo 2005, Dan Nuning 2005
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email