Wednesday 10 October 2012

Sumber-Sumber Karbohidrat Terbaik Untuk Tubuh Manusia--SEBUAH Pemenuhan Nutrisi Yang Baik Dan Bijak

Susunan kimia dari karbohidrat terdiri dari atom karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O), sehingga rumus kimia dari karbohidrat adalah Cn (H2O)n yang berkesan karbon diikat dengan air sehingga diberi nama karbohidrat. Selain itu, ikatan organik yang menyusun karbohidrat berbentuk polialkohol (Departemen Gizi dan Kesehatan, 2007).



Mahluk hidup yang menjadi pendonor karbohidart terbesar di bumi adalah tumbuh-tumbuhan karena mereka dapat memproduksi gula melalui fotosintesis. Gula yang dihasilkan oleh tumbuhan tersebut akan gunakan oleh tumbuhan dan sisanya akan mereka simpan di dalam akar, batang, daun, biji, atau buah. Di dalam makanan, produk karbohidrat dapat dikelompokkan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida.



A. SUMBER-SUMBER KARBOHIDRAT



Pada padi-padian, umbi-umbian, kacang-kacangan kering dan hasil olahan seperti bihun, mie, roti, dan tepung dapat dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, serta sayuran umbi seperti wortel, bit, dan kacang-kacangan relatif lebih tinggi daripada sayuran daun. Beras, jagung, sagu, singkong, dan talas digunakan sebagai makanan pokok penduduk di Indonesia (Departemen Gizi dan Kesehatan, 2007).



Selain itu, seperti halnya roti dan kue banyak sekali terkandung di dalamnya karbohidrat. Roti, kue, dan cookies terbuat dari terigu yang berbeda . untuk membuat roti diperlukan gandum keras yang mengandung protein tinggi (12-18 %). Gandum jenis ini menghasilkan tepung yang lebih kuat untuk membentuk adonan yang elastis. Sifat yang sangat elastis ini berguna untuk pengembangan volume terigu dalam pengolahan menjadi bahan mankanan.



Kue dan cookies terbuat dari gandum lunak yang mengandung protein lebih rendah (7-12%) dan menghasilkan adonan yang lebih lunak. Masyarakat sudah banyak yang mengenal tepung terigu Kunci Biru yang menurut  komposisinya termasuk gandum lunak. Selain itu, sebenarnya ada gandum medium yang merupakan campuran gandum keras dan gandum lunak, komponennya adalah 60 persen gandum keras dan 40 persen gandum lunak.



Karena terbuat dari terigu, kandungan protein roti tidak jauh berbeda dengan bahan dasarnya ( roti 8,0 persen dan terigu 8,9 persen). Namun demikian, kadar energi dan karbohidratnya sedikit berbeda( lihat tabel 1.9)





Bahan Makanan
Energi (Kal)
Protein (gr)
Karbohidrat (gr)
Tepung terigu
Makaroni
Mie Kering
Roti
365
363
337
248
8,9
8,7
7,9
8,0
77,3
78,7
50,0
50,0


(Sumber: Ali Khomsan, 2003)



Makanan jajanan sering kali lebih banyak mengandung unsur karbohidrat dan hanya sedikit mengandung protein, vitamin, atau mineral.Karena ketidaklengkapan gizi dalam makanan jajanan, maka pada dasarnya makanan jajanan tidak dapat mengganti sarapan pagi atau makan siang.Anak-anak yang banyak mengonsumsi makanan jajanan perutnya akan merasa kenyang karena padatnya kalori yang masuk ke dalam tubuhnya.Sementara gizi seperti protein, vitamin, dan mineral masih sangat kurang.



Makanan sampah (junk food) termasuk ke dalam makanan jajanan. Junk food berwujud makanan snack ringan yang rasanya enak, umumnya disukai anak-anak dan kandungan gizinya didominasi oleh zat karbohidrat (tinggi energi). Sebagian junk food adalah produksi pabrik dengan kemasan yang menarik.



Anak-anak yang terlalu sering makan junk food umumnya menjadi malas makan karena junk food rasanya lebih enak dan juga mengenyangkan. Dengan kandungan kalorinya yang tinggi konsumsi junk food terlalu sering dapat memunculkan masalah kegemukanan (Sumber: Ali Khomsan, 2003).








Artikel Terkait

Sumber-Sumber Karbohidrat Terbaik Untuk Tubuh Manusia--SEBUAH Pemenuhan Nutrisi Yang Baik Dan Bijak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email