Thursday 1 November 2012

Tanaman Tebu (Sugar cane)---Penghasil Ampas Tebu Jenis Ligno-cellulose


Tebu (sugar cane) merupakan suatu tanaman yang berasal dari India. Beberapa sumber menyebutkan bahwa tebu merupakan tanaman yang berasal dari kepulauan Polynesia. Seorang ahli Botani soviet, Nikolai Ivanovich Valivov melakukan ekspedisi ke beberapa daerah dan memastikan bahwa tebu merupakan tanaman yang berasal dari India dan Indo Malaya. Nama tebu hanya dikenal di Indonesia, di lingkungan internasional tebu lebih dikenal dengan nama ilmiah Saccharum Officinarum L. Tanaman ini termasuk ke famili graminae atau kelompok rumput-rumputan (Rukmana, 2004). Berdasarkan taksonomi tumbuhan tanaman tebu diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom         :  Tumbuhan (Plantae)
Divisi               :  Magnoliophyta
Kelas               :  Liliopsida
Ordo                :  Poales
Famili              :  Poaceae
Genus              :  Saccharum
Spesies            :  Saccharum officinarum
Jenis-jenis spesies tebu di antaranya adalah : Saccharum officinarum, Saccharum arundinaceum, Saccharum bengalense,Saccharum proceum, Saccharum sinense, Saccharum spontaneum, Saccharum edule, Saccharum ravennae, dan   Saccharum robustum.
Tanaman tebu mempunyai sosok yang tinggi kurus, tidak berbatang dan tumbuh tegak. Tanaman tebu yang tumbuh baik, tinggi batangnya dapat mencapai 3-5 meter atau lebih. Kulit batang keras, bewarna hijau, kuning, ungu, merah tua dan banyak lagi kombinasi yang lainnya. Pada batang terdapat lapisan lilin yang bewarna putih keabu-abuan dan batang terdiri dari ruas-ruas yang dapat berbentuk slindris, tong, dan cekung.

Tanaman tebu dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim panas (tropis) dan iklim sedang (subtropis), yang terletak antara 390 – 400 Lintang Utara dan antara 350 -380 Lintang Selatan. Dalam proses pertumbuhan, tanaman tebu membutuhkan banyak air hujan sedangkan pada waktu masak membutuhkan keadaan kering sehingga pertumbuhannya berhenti (Rukmana, 2004). Umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen kurang lebih satu tahun. Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatera. Pada umumnya tebu atau air tebu dimanfaatkan sebagai bahan baku gula tebu. Batang tebu dapat dimakan langsung dengan dimamah, akan mengeluarkan air dan ampas dibuang keluar. Tebu biasanya juga diolah menjadi minuman dengan jalan memeras sari tebu menggunakan mesin perasan dan dicampurkan dengan batu es. Daun tebu yang kering biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar.
Proses diperolehnya ampas tebu adalah pertama-tama tebu digiling kemudian diekstrak niranya, hasil samping dari proses giling ini adalah ampas tebu. Dengan kata  lain ampas tebu adalah suatu residu dari proses penggilingan tanaman tebu. Rata-rata ampas yang diperoleh dari proses penggilingan 32% tebu. Dengan produksi tebu di Indonesia pada tahun 2007 sebesar 21 juta ton potensi ampas yang dihasilkan sekitar 6 juta ton ampas per tahun. Sebagian besar kandungan dari ampas tebu adalah ligno-cellulose (Husin, 2007).

Artikel Terkait

Tanaman Tebu (Sugar cane)---Penghasil Ampas Tebu Jenis Ligno-cellulose
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email