Thursday 29 November 2012

Contoh Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Pokok Sampah Organik dan Anorganik, Serta Bagaimana Cara Memanfaatkan/Mengelola Sampah Secara Baik dan Terencana


Lembar Kerja Siswa

A.    Tujuan
Setelah melakukan observasi atau pengamatan  lapangan diharapkan :
1.  Siswa mampu  mengetahui ciri-ciri sampah organik  dan  sampah non organik
2.  Siswa mampu membedakan sampah organik dan sampah non organic
3.  Siswa mampu mengetahui cara memanfaatkan/ mengelola sampah organik

B.     Alat dan Bahan
Karung, cangkul dsb, LKS, sampah organik (rumput, daun kering dan sisa-sisa sayuran),  kotoran  hewan (kotoran sapi, kambing atau yang lainnya) yang sudah agak lama, Cairan EM4 (banyak tersedia di toko pertanian).

C.    Petunjuk Pengisian
·         Kegiatan 1.
Berilah jawaban pada pertanyaan yang  ada dengan cara melakukan pengamatan dilapangan.
·         Kegiatan 2.
Lakukanlah kegiatan praktikum,  dengan mengikuti langkah-langkah kegiatan secara runtut dan benar

Kegiatan 1
1.    Catatlah sampah yang kalian temukan dilapangan pada Tabel Pengamatan 1, lalu berikan ciri-cirinya dengan memberi tanda ( √ ) pada kolom yang tersedia.
Tabel Pengamatan 1
No
Sampel
(Sampah yang
ditemukan)
Ciri khusus

Kesimpulan

Berasal dari tumbuhan/  hewan
Berasal dari plastik/ besi /kaca
Mudah terurai secara alami
Tidak dapat/ lama terurai
Sampah Organik
Sampah Non Organik
1







2







3







4







5







6







7







8







Kegiatan 2
Langkah-langkah kegiatan pembuatan pupuk kompos :
Tahap Awal
1.      Kumpulkan rumput-rumput, daun-daun kering dan sisa-sisa sayuran menjadi satu.
2.      Potong menjadi beberapa bagian (kira-kira 2-5 cm/bagian). Pemotongan ini diperlukan untuk mempercepat proses pembusukan.
3.      Setelah semua daun/rumput dipotong kemudian direndam dalam cairan EM4 beberapa menit. (Ikuti petunjuk pemakaian EM4.)
4.      Masukkan kotoran hewan ke dalam  karung kira-kira 1/3 bagian.
5.      Masukkan daun/rumput yang telah direndam dalam cairan EM4 tadi ke dalam  karung.
6.      Siram karung dengan EM4 yang telah digunakan untuk merendam  tadi  kedalam karung.
7.      Tutup  rapat karung.

Tahap Lanjutan
8.      Bahan-bahan tersebut diberi air secukupnya setiap 3 hari.
9.      Bahan-bahan tersebut  perlu dibolak-balik komposisinya setiap 2 minggu sekali


Nama Siswa   :
Kelas               :

Artikel Terkait

Contoh Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Pokok Sampah Organik dan Anorganik, Serta Bagaimana Cara Memanfaatkan/Mengelola Sampah Secara Baik dan Terencana
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email