Thursday 1 November 2012

Contoh RPP PKN Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Menghargai Upaya Perlindungan Terhadap HAM Di Indonesia


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                  :      SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                 :     VII/2  
Standar kompetensi         :     3.   Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM).
Kompetensi Dasar            :     3.3 Menghargai  upaya perlindungan HAM.
Alokasi waktu                  :     2 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      menjelaskan pentingnya perlindungan HAM;
2.      menjelaskan upaya pemerintah dalam perlindungan HAM;
3.      menjelaskan upaya lembaga-lembaga HAM dalam perlindungan HAM;
4.      menunjukkan sikap terhadap hak asasi orang lain.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.   Materi Pembelajaran
Upaya perlindungan terhadap HAM.

C. Metode
      Tanya jawab, diskusi, dan ceramah bervariasi.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
      1. Pertemuan 1
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§         Guru melakukan tanya jawab mengenai sikap menghargai HAM.
§         Guru membantu mendiskusikan upaya-upaya perlindungan HAM.
2).  Elaborasi
§         Siswa mempresentasikan hasil diskusi secara berkelompok.
3) Konfirmasi
§         Bersama guru, siswa menyimpulan hasil diskusi.

Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran.

 E.   Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·         Buku UUD 1945
·         UU No. 39 Tahun 1999, UU No. 23 Tahun 2002, dan UU No. 23 Tahun 2004

F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menguraikan peranan  lembaga perlindungan HAM

· Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM

Tes Tertulis




Tes tertulis
Uraian





Pilihan Ganda





Uraian
Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini!
a.   Komnas HAM
b.  Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
c.   Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekersan

Hak azasi manusia dalam UUD 1945 diatur dalam pasal ...
a.  26.
b.  27.
c.  28A-28J
d.  34..

1.      Jelaskan isi pasal UUD hasil perubahan yang mengatur  HAM
2.      Mengapa HAM perlu dilindungi?
3.      Jelaskan upaya pemerintah dalam perlindungan HAM!
4.      Jelaskan upaya Komnas HAM dan Komisi Perlindungan Anak dalam melindungi HAM?
5.      Bagaimana sikapmu terhadap hak asasi orang lain?
6.      Sebutkan 2 contoh upaya perlindungan  HAM yang kalian lakukan!

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................



Artikel Terkait

Contoh RPP PKN Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Menghargai Upaya Perlindungan Terhadap HAM Di Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email