FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lampung

Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Recent Comments

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Automatic Elvira Links Free Backlink Service, Links Building 4 Free Florists Links Text Back Link Exchange PR Checker HyperSmash Pingates Google Pagerank icon Free PageRank Checker Wahid Biyobe Free Web Submission Text Back Links Exchanges

Meta Tag Generator

PR Checker

Contoh RPP PKN Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII Semester 2 Pada Materi Pokok Menjelaskan Hakekat Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                                    SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                       :  VII / 2
Alokasi Waktu                                   :  8 x 40 menit (4 X pertemuan )

 A.  Standar Kompetensi         :  4.     Menampilkan perilaku kemerdekaan mengeluarkan pendapat
 B.  Kompetensi Dasar            :  4.1. Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengeluarkan pendapat.

C.  Tujuan  Pemebelajaran    :
  Pertemuai 1 & 2
1.      Peserta didik  dapat menjelaskan  pengertian mengeluarkan pendapat
2.      Peserta didik  dapat menjelaskan perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
 Pertemuan 3
1.    Peserta didik  dapat menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat 
2.    Peserta didik  dapat menjelaskan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka umum
3.    Peserta didik dapat  menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan  benar
Pertemuan 4
1.    Peserta didik   dapat menjelaskan akibat pembatasan kemerdekaan mengemukaakan   pendapat
2.    Peserta didik  dapat menjelaskan konsekwensi kebebasan mengeluarkan  pendapat tanpa batas

Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kewarganegaraan ( citizenship )
                       
D.  Materi Pembelajaran
·  Pengertian mengeluarkan pendapat
·  Perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
·  Hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat 
·  Bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka umum
·  Tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan  benar
·  Akibat pembatasan kemerdekaan mengemukaakan   pendapat
·  Konsekwensi kebebasan mengeluarkan  pendapat tanpa batas

E.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, Jig saw,  diskusi, simulasi dan demontrasi

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
                                            Pertemuan 1  & 2
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·    Apersepsi
a.   Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, dll).
b.  Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan     pengetahuan sebelumnya dengan materi  yang akan dipelajari
·    Memotivasi
a.   Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
b.  Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a.       Guru menjelaskan  pengertian mengeluarkan pendapat
b.      Guru menjelaskan perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
2). Elaborasi
a.       Peserta didik  diberi tugas oleh guru untuk memberikan tanggapan tentang suatu masalah. Menceremati  gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu peserta didik  menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
b.      Peserta didik  menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan peserta didik.
c.       Kajian pustaka dengan menelaah UUD 1945 pasal 28 dan UU No. 9 tahun 1998.
d.      Peserta didik  ditugaskan untuk membaca buku tentang perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat.
3) Konfirmasi
a.   Guru malaksanakan tanya jawab dengan peserta didik  tentang pengertian mengeluarkan pendapat dan perundang-undangannya.
b.  Peserta didik  menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep pengertian mengeluarkan pendapat, perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat

Kegiatan Penutup ( 10 menit )
                   a.    Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian  pengertian mengeluarkan pendapat, perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
                  b.    Pos tes secara lisan  dan refleksi
                   c.    Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
                  d.    Peserta didik  mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
                   e.    Menyampaikan rencana pembelaaran tentang  hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat,   
                    f.    bentuk-bentuk menyampaikan pendapat di muka umum dan tata cara mengemukakan pendapat  
                   g.    secara baik dan  benar  untuk  pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·    Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, dll).
b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·    Memotivasi
a.   Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
b.  Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a.       Guru menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat 
b.      Guru menjelaskan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka umum
c.       Guru menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan  benar


2).  Elaborasi
a.       Peserta didik  mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
b.      Peserta didik  menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan peserta didik.
c.       Membagi  menjadi 8 kelompok.
d.      Menggunakan metode jig saw, setiap siswa diberi satu pertanyaan dalam satu lembar kertas yang telah diberi nomor tentang hakekat kemerdekaan  mengemukakankan pendapat dan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat di muka umum serta tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar.
e.       Nomor yang sama berkumpul dalam satu kelompok, untuk membahas permasalahan yang ada dalam pertanyaan tersebut.
f.        Setelah selesai, masing-masing kelompok melakukan presentasi hasil diskusinya.
g.       Kelompok yang lain memberikan tanggapan atau pertanyaan .
3) Konfirmasi
a.   Guru melakukan taya jawab dengan pesrta didik tentang hakekat mengeluarkan pendapat.
b.  Peserta didik  menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat dan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat di muka umum   serta tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar.

Kegiatan Penutup ( 10 menit )
              a.     Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian  pengertian mengeluarkan pendapat, perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
             b.     Pos tes secara lisan  dan refleksi
              c.     Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
             d.     Peserta didik  mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
              e.     Menyampaikan rencana pembelaaran  tentang akibat pembatasan kemerdekaan mengemukaakan   pendapat , konsekwensi kebebasan mengeluarkan  pendapat tanpa batas untuk  pertemuan berikutnya.

Pertemuan 4
 Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·    Apersepsi
a.   Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, dll).  
b.  Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan     pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·    Memotivasi
a.   Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
b.  Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a.   Guru menjelaskan akibat pembatasan kemerdekaan mengemukaakan   pendapat
b.  Guru menjelaskan konsekwensi kebebasan mengeluarkan  pendapat tanpa batas

2).  Elaborasi
a.   Peserta didik  mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
b.  Peserta didik  menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan peserta didik .
c.   Peserta didik  membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mendiskusikan akibat pembatasan kemerdekaan mengemukaakan   pendapat dan konsekwensi kebebasan mengeluarkan  pendapat tanpa batas
d.  Masing-masing kelompok melaksanakan diskusi
e.   Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi
f.    Peserta didik  yang lain memperhatikan dan memberi tanggapan.
g.   Peserta didik  menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan akibat pembatasan kemerdekaan mengemukaakan   pendapat dan konsekwensi kebebasan mengeluarkan  pendapat tanpa batas
h.  Peserta didik  berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
i.    Peserta didik  menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat dan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat di muka umum   serta tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar.
3) Konfirmasi
a.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
b.  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup ( 10 menit )
              a.     Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian  pengertian mengeluarkan pendapat, perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
             b.     Pos tes secara lisan  dan refleksi
              c.     Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
             d.     Peserta didik  mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
              e.     Menyampaikan rencana pembelaaran  kemerdekaan mengeluarkan pendapat  untuk  pertemuan berikutnya.

G.    Sumber belajar
·         Buku teks siswa kelas VII
·         UUD 1945 dan UU no 9 th 1998
·         Orang tua /Guru
·         Tokoh masyarakat setempat
·         artikel/berita di media massa


H.      Penilaian
       Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.      Menjelaskan pengertian mengeluarkan pendapat

2.      Menyebutkan perundang-undangan yang mengatur kebebasan                                                  mengeluarkan pendapat

3.      Menjelaskan hakekat kemerdekaan menge mukakan pendapat 

4.      Menjelaskan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka                                                     umum

5.      Menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara baik dan  benar                                          

6.      Mengkaji akibat pembatasan kemerdekaan mengemukaakan pendapat
                                         
7.      Mendiskripsikan konsekwensi kebebasan mengeluarkan                                               pendapat tanpa batas                                                                              

Tes tulisan
































































































Tes tulisan
Pilihan ganda































































































Uraian
1.      Cara seseorang mengeluarkan apa yang ada:
1.      di benak hatinya
2.      dipikirkan
3.      dirasakan
4.      diketahui
Dari pernyataan di atas yang merupakan hakekat  mengeluarkan pendapat ditunjukkan nomor..
a. 1,  2 dan 3          c. 1, 3 dan 4    
       b. 1, 2 dan 4         d. 2, 3 dan 4

2.      Amir ikut serta   menjadi  anggota suatu organisasi  dan berkumpul untuk  mengeluarkan pikiran secara lisan dan tulisan hal tersebut  dijamin dalam UUD 1945 pasal ….
  1. 27                    c.  30
  2. 28                    d.  31

3.  Undang-undang No. 9 Tahun 1998 mengatur tentang ….
  1. tata cara berorasi dan berunjuk rasa di suatu tempat
  2. perlindungan dan penegakkan hak azasi manusia
  3. kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pendapat
  4. kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum

4.  Hakekat dan batas-batas mengeluarkan pendapat adalah ….
  1. dapat diterima semua pihak
  2. menggunakan bahasa Indonesia yang baik
  3. dilaksanakan dengan jelas dan resmi
d. memperhatikan kepentingan bangsa dan Negara

5.       Kebebasan yang bertanggung jawab adalah kebebasan yang dibatasi kewajiban ….
a.       memperhatikan kepentingan orang lain
b.      memahami keinginan orang lain
c.       menghormati hak-hak orang lain
d.      menerima pendapat yang berbeda

6. Bentuk-bentuk penyampaian pendapat dimuka umum adalah ….
  1. unjuk rasa ,pawai, diskusi, rapat umum
  2. pawai, unjuk rasa, rapat umum , mimbar bebas
  3. dialog, demontrasi, pawai , rapat
  4. ceramah, dialog, diskusi, pawai.

7. Dedy melaksanakan pertemuan terbuka untuk menyampaikan pendapat dengan tema tertentu, hal ini berarti Amin melaksanakan…
  1. dialog
  2. diskusi
  3. rapat umum.
  4. mimbar bebas

8.        Salah satu cara seseorang dalam mengeluarkan pendapat
 Pen        adalah dengan berserikat yaitu….
a.       bersama-sama mengememukakan sesuatu melalui     organisasi
b.       mengemukakan pendapat  berkumpul dalam suatu tempat
c.       menyaipaikan pendapat melauli sebuah perwakilan
d.      berkumpul bersama dalam acara mimbar bebas.
9 . Penyampaian pendapat :
  1. dialog dan diskusi
  2. poster dan brosur
  3. sikap membisu dan petisi
  4. selebaran dan berpidato
  5. ceramah dan mimbar bebas
penyampaian pendapat secara lisan ditunjukkan oleh nomor ….
  1. 1 dan 2                                    c.  3 dan 5
  2. 1 dan 5                                    d.  4 dan 5
10. Pernyataan :
  1. aspirasi masyarakat tidak tersalurkan
  2. adanya rasa takut untuk berpendapat yang berbeda
  3. tidak menghromati pendapat orang lain
  4. adanya perbedaan  dalam kehidupan masyarakat
Dari pernyataan di atas akibat adanya pembatasan kemerdekaan mengeluarkan pendapat di tunjukkan nomor ….
a.       1, 2  dan 3                               c. 1, 3, dan 4
b.      1, 2, dan 4                               d. 2, 3 dan  4
                                  
Jawablah semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!
1.      Jelaskan tiga alasan  mengapa dalam mengeluarkan pendapat di muka umum perlu ada perundang-undangan
2.      Jelaskan tiga  konsekwensi mengemukakan pendapat tanpa dilakukan pembatasan-pembatasan.
3.      Jelaskan salah satu  keuntungan dan kerugiannya jika mengemukaakan pendapat dibatasi dan tidak dibatasi?

Kunci Jawaban :
Pilihan ganda :  1. A    2. B     3. D     4. D     5. C     6. B     7. C     8. A     9. B       10.  A
Uraian            :  1.  Agar  tertib dan teratur,  Menghormati hak hak orang lain, Tidak terjadi anarkhis,
                            Tidak membahayakan keselamatan orang lain, bangsa dan negara
                             2.  Konsekuwensi kebebasan mengeluarkan pendapat tanpa batas antara lain :
a.   terjadinya keributan antar peserta dengan peserta
b.  terjadinya keributan antar peserta dengan aparat
c.   tidak tercapainya tujuan yang diharapkan
      3.  Jika dibatasi keuntungannya tidak menimbulkan keresahan, kerugiannya aspirasi
           masyrakat tersumbat.                    
           Jika tidak dibatasi keuntungannya  rakyat tidak merasa takut untuk menyalurkan
           aspirasi, kerugiannya  akan menimbulkan anakhis jika kemerdekaannya kebablasan
           dan tidakbertanggungjawab

 Pedoman penskoran ;
 Untuk pilihan ganda nomor 1-10 tiap soal   diberikan skor 1. Jadi jumlah skor = 10 
 Untuk Uraian nomor 1 dan 2 diberi skor 3 sedangkan untuk soal nomor 3 diberi skor 4 .
 Jadi jumlah skor uraian  = 10
   Nilai  = Jumlah skor pilihan ganda  + Jumlah skor uraian  : 2 X 10


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
                                                                   

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Wahid Biyobe - Kamis, 01 November 2012 - 20.13

Belum ada komentar untuk "Contoh RPP PKN Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII Semester 2 Pada Materi Pokok Menjelaskan Hakekat Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat "

Poskan Komentar