Saturday 3 November 2012

Pengertian Dan Maksud Dari---Gas-Gas Rumah Kaca Menurut Foley 1993 Dalam Karya Bukunya Yang Berjudul "Pemanasan Global"


Gas-gas rumah kaca---Gas-gas rumah kaca yang paling penting-yang menangkap panas di dalam atmosfer adalah uap air dan karbon dioksida. Karbon dioksida (CO2) adalah gas rumah kaca yang terpenting yang sedang ditimbun dalam atmosfer oleh manusia. Konsentrasi alaminya kecil, hanya sekitar 0,03 persen. Namun selain efek rumah kacanya, karbon dioksida juga memainkan peranan alami yang vital dalam biosfer. Karbon dioksida diserap oleh tanaman dan, dengan bantuan sinar matahari, diuraikan untuk membentuk jaringan tanaman dalam proses yang dikenal sebagai fotosintesis.

Namun karbon dioksida dalam atmosfer tidak dapat dipertimbangkan secara terpisah. Gas ini merupakan bagian dari proses besar yang dikenal sebagai daur karbon di mana kandungan karbon bumi dipindah secara terus-menerus dalam berbagai bentuk peyimpanan dan "peresap". Dalam diskusi tentang daur karbon, angka-angka yang digunakan biasanya menunjukkan jumlah karbon, dan bukan karbon dioksida. Tiap ton karbon dalam atmosfer adalah setara dengan 3,67 ton karbon dioksida.

Diperkirakan bahwa terdapat sekitar 735 miliar ton karbon dalam atmosfer. Dalam kondisi normal, sekitar 100 miliar ton diserap oleh tumbuhan tiap tahun, Jumlah ini kurang lebih diimbangi oleh jumlah pembusukan dan respirasi yang terjadi.

Kontribusi utama manusia terhadap jumlah karbon dioksida dalam atmosfer berasal dari pembakaran bahan fosil, yaitu batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Pembakaran bahan-bahan tersebut menambahkan 5 miliar karbon dioksida ke atmosfer tiap tahun. Penggundulan hutan dan perluasan pertanian juga meningkatkan jumlah karbon dioksida dalam atmosfer. Walaupun perhitungan tepat tidak mungkin dilakukan, namun diperkirakan bahwa kedua aktivitas tersebut menambah 1-2 miliar ton karbon pada atmosfer tiap tahun. Jadi, kegiatan manusia menambahkan sekitar 6-7 miliar ton karbon ke atmosfer tiap tahun.

Dibanding dengan jumlah karbon yang beredar dikalangan atmosfer, lautan dan biosfer, jumlah yang disimpan untuk waktu yang lebih lama lebih besar. Jumlah keseluruhan karbon dalam hutan, rawa, dan padang rumput(tundra) bumi ini sekitar 1.500 miliar ton, lebih dari dua kali lipat kandungan di atmosfer. Sekitar 5.000-10.000 miliar ton karbon terkandung dalam bahan bakar fosil, terutama batu bara. Jumlah karbon dalam lautan amat tinggi, sekitar 36.000 miliar ton, (Foley,1993. hal 3-9)

Artikel Terkait

Pengertian Dan Maksud Dari---Gas-Gas Rumah Kaca Menurut Foley 1993 Dalam Karya Bukunya Yang Berjudul "Pemanasan Global"
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email