Monday 3 December 2012

Beberapa Jenis/Macam-Macam Contoh Senyawa Flavanoid Yang Mungkin Sudah Familiar Di Telinga Manusia


Ada beberapa senyawa flavonoid yang sudah tenar kita dengar sehari-hari diantaranya seperti berikut ini:

1.      Karotenoid
Wortel, ubi jalar, labu, dan bahan makanan lain yang berwarna oranye dan merah mendapatkan warna dari zat yang disebut karotenoid. Karotenoid juga ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kangkung, bayam, dan kubis. Terdapat tiga anggoa karoten yang penting yaitu: alpha karoten, beta-cryptoxanthin, dan likopen. Tubuh dapat mengubah alpha karoten dan beta karoten menjadi Vitamin A. Alpha karoten merupakan antioksidan yang jauh lebih kuat dari sepupunya beta karoten, terutama berguna untuk mengatasi radikal bebas. Alpha karoten ditemukan dalam semua makanan yang sama seperti beta karoten, termasuk wortel, ubi jalar,melon, brokoli, kiwi, bayam, mangga, dan squash. Jumlah alpha karoten dalam makanan adalah sekitar 10 sampai 20 persen dari jumlah beta karoten. Beta cryptoxanthin terdapat pada jeruk, mangga, pepaya, melon, persik, dan squash. Jenis antioksidan ini sangat baik untuk mengatasi radikal bebas. Lycopene, antioksidan yang berkemampuan melawan kanker ini ditemukan dalam jumlah besar pada tomat, zat ini juga yang memberikan warna merah pada tomat. Semangka dan anggur merah juga memiliki lycopen, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Orang yang banyak memakan tomat memiliki resiko yang rendah akan kanker prostat. Secara umum, lycopene tampaknya memberikan perlindungan terhadap kanker pada saluran pencernaan, termasuk kanker usus besar, dan terhadap kanker paru-paru. Penelitian terbaru menunjukkan lycopene yang juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

2.      Xanthophylls
Xanthopill termasuk karotenoid yang banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau gelap. Di dalam tubuh, xanthopil tidak diubah menjadi vitamin A. Anggota xanthopil, lutein dan zeaxanthin, berkemampuan melindungi mata dari serangan radikal bebas. Zeaxanthin membantu melindungi sel-sel halus makula, bagian dari retina, dari efek berbahaya dari ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari. Capsanthin, salah satu antioksidan xantofil, ditemukan pada cabai dan paprika yang berwarna merah, semakin merah semakin baik.

3.      Quercentin
Quercetin merupakan flavonoid yang sangat aktif dan menjadi zat penting dalam banyak tanaman obat. Quercetin membantu mengurangi inflamasi dan pembengkakan, mengatasi alergi, membunuh virus, dan bertindak sebagai antioksidan. Bahkan dapat membantu penderita diabetes mengendalikan gula darah mereka dan menghindari masalah mata.
Bawang merupakan bahan makanan yang mengandung banyak quercetin, masyarakat tradisional banyak menggunakan bawang untuk mengobati asma dan alergi. Selain itu, quercetin juga dapat membantu mencegah kanker dengan menghalangi pertumbuhan sel kanker.

4.      Anthocyanin
Anthocyanin merupakan antioksidan pembasmi radikal bebas yang sangat efektif, terutama pada pembuluh darah kecil di mata anda. Anthocyanin bermanfaat untuk mencegah masalah mata,terutama yang mempengaruhi retina Anda, seperti degenerasi makula. Sebagian besar tumbuhan memiliki kandungan antosianin terbesar pada bagian buahnya. Sebagian tanaman lain, seperti teh, kakao, serealia, buncis, kubis merah dan petunia juga memiliki kandungan antosinin pada bagian tubuh selain buah. Anggur merupakan buah yang paling banyak dimanfaatkan sebagai sumber antosianin karena kandungan pigmen tersebut cuku tinggi di dalam kulit anggur. Ubi jalar dan rosella juga merupakan sumber makanan yang mengandung antosianin.

Artikel Terkait

Beberapa Jenis/Macam-Macam Contoh Senyawa Flavanoid Yang Mungkin Sudah Familiar Di Telinga Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email