Sunday 2 December 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Pada Materi Pokok Memahami Kelangsungan Hidup Pada Makhluk Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


                                 Jenjang Sekolah                 :     SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
                                 Mata Pelajaran                   :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester                :     IX / 1
                                 Alokasi Waktu                   :     4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )


Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan  hidup pada makhluk hidup.

Kompetensi Dasar 2.4 :
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
2.   Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
3.   Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses bioteknologi pangan
4.   Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.      Materi Pembelajaran
Bioteknologi pangan

C.      Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                           :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi
3.   Model Pembelajaran             :     Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua :
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
                                                Apakah bioteknologi pangan itu ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami dampak perubahan populasi manusia.

2.      Kegiatan Inti :
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Siswa diminta diskusi tentang
       1).     Bioteknologi pertanian
       2).     Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan makanan.
       3).     Bioteknologi pertanian.
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
        
E.      Media Pembelajaran
         Charta Tahapan Kultur

F.      Sumber Belajar
1.      Buku IPA Terpadu
2.      Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.     Penilaian   
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mendefinisikan pengetian bioteknologi
·   Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
·   Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
·   Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis


·   Penugasan




·   Penugasan
·   Uraian

·   Uraian


·   Tugas proyek



·   Tugas rumah
·   Definisikan pengertian bioteknologi!
·   Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
·   Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan laporkan hasilnya
·   Rencanakan dan lakukan pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel IPA




(_______________________)
NIP/NIK :.............................

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Pada Materi Pokok Memahami Kelangsungan Hidup Pada Makhluk Hidup
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email