Wednesday 30 January 2013

Habitat Asli Mentok dan Bebek di Taman Nasional Way Kambas


Bebek dan mentok merupakan kelompok aves yang memiliki habitat/tempat hidup yang unik. Kebiasaan yang umum dilakukan bebek dan mentok yaitu berada di habitat yang berair, becek, dan adalakalanya di tempat-tempat comberan, sungai, dan daerah tepi sawah. Tidak semua daerah di Indonesia memiliki jumlah mentok yang banyak, dan biasanya tidak familiar seperti yang ada di Lampung.

Habitat bebek ini di Indonesia hanya ditemukan di Taman Nasional Way Kambas-Lampung Timur dan hanya sekitar 150 ekor .
Mentok Rimba dikenal juga sebagai Mentok Hutan, Serati, Bebek Hutan atau Angsa Hutan dan dalam bahasa inggris dikenal sebagai White-winged Wood Duck. Spesies ini termasuk salah satu burung air dari suku Anatidae (bebek).
Mentok Rimba (Cairina scutulata) nyaris mirip dengan spesies Bebek Manila (Cairina moschata) yang sering dipelihara. Mentok berukuran besar antara 66-75 cm. Bentuknya hampir menyerupai bebek. Warna bulunya gelap dan kepala serta lehernya keputih-putihan. Penutup sayap kecil putih, penutup sayap tengah dan spekulum abu-abu biru.
Mentok Rimba berhabitat di lahan basah yang dekat dengan rawa-rawa. Burung jenis ini suka sekali bersembunyi di siang hari dan pada malam hari mereka juga dapat aktif mencari makan sendiri, berpasangan, maupun berkelompok 6-8 ekor.
Karena hidupnya di lahan basah (air), maka pembangunan listrik tenaga air dan polusi manusia menjadi ancaman terbesar bagi mereka. Selain itu, penurunan polulasinya juga diakibatkan oleh kerusakan, degradasi, dan gangguan.
Habitat Mentok Rimba tersisa di Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, Indonesia, India, dan Bangladesh dengan jumlah populasi tidak mencapai 1000 ekor. Di Indonesia, semula Mentok Rimba ini dapat dijumpai di Jawa dan Sumatera, namun kini bebek jenis ini telah punah di Jawa. Sedangkan di Sumatera diperkirakan hanya bertahan di Taman Nasional Way Kambas dengan populasi sekitar 150 ekor.
Sumber: sains.kompas.com  dengan perubahan seperlunya

Artikel Terkait

Habitat Asli Mentok dan Bebek di Taman Nasional Way Kambas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email