Saturday 19 January 2013

Hewan-Hewan Transgenik: Pengembangan Dengan Teknik DNA Mikroinjeksi, Transfer Gen Via Retrovirus, serta Teknologi Sel Stem Embrionik

-->
Perkembangan bioteknologi yang pesat saat ini telah menghantarkan umat manusia kezaman yang serba modern. Berbagai bidang ilmu mulai dari ilmu sosial sampai eksakta mulai mengalami perkembangan yang begitu pesat. Tentu ini menjadi PR besar bagi kita semua untuk mengambil pelajaran akan hal ini. Dengan dihadapkan oleh perkembangan bioteknologi yang begitu pesatnya, maka kita harus menentukan cara-cara dasar apa yang perlu kita tindaklanjuti untuk mengisi era saat ini. Sebuah pekerjaan manusia dalam bidang genetika dan mikrobiologi tentu membutuhkan orang yang ahli di bidangnya. Karena terkait dengan bidang ini kita akan mempelajari bagaimana organisme itu hidup, proses kehidupan mikroba, manfaat serta peranan penting apa yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya misalnya rekayasa genetika yang tentu membutuhkan beberapa objek yang harus diperlakukan sesuai prosedur yang ditetapkan. Misalnya kita akan membuat hewan transgenik. Untuk mengetahui itu semua, perlu kiranya kita membahas hal ini dengan seksama. 

Hewan transgenik merupakan hewan yang diinjeksi dengan DNA dari hewan lain. Transformasi gen tersebut yang umumnya berasal dari spesies yang sama, tapi dapat juga berasal dari spesies berbeda yang dilakukan terhadap embrio sebelum hewan transgenik tersebut dilahirkan. Transformasi genetik diharapkan menyebabkan mutasi spontan sehingga genetik dari hewan yang ditransformasi termodifikasi sesuai dengan gen yang diharapkan muncul sebagai performans.

Manipulasi genetik dilakukan untuk beberapa tujuan. Pada bidang pertanian, dengan manipulasi genetik dihasilkan hewan yang memiliki karakter yang diharapkan (breeding), pangan yang lebih sehat dihasilkan lebih cepat (kualitas pangan) dan resistensi terhadap infeksi bakteri yang tersebar bebas (resistensi penyakit). Bidang industri, produk baru (sapi yang menghasilkan susu yang banyak, rendah laktosa dan kolestrol) dapat diciptakan. Dalam bidang riset, memunculkan model riset baru (mencit transgenik) dan evolusi yang dipaksa (organisme baru dengan karakter yang lebih diharapkan).

Hewan transgenik dikembangkan dengan 3 cara :
1.        DNA mikroinjeksi
Gen yang terpilih yang diambil dari spesies yang sama atau berbeda diinjeksikan ke dalam pronukleus ovum yang telah dibuahi. Injeksi ini menggunakan sejenis jarum yang sangat halus, dia dapat menembus membran tanpa merusaknya. Ia masuk melalui protein integral. DNA yang akan disisipkan, dimasukkan langsung ke dalam zigot dengan alat ini pada awal pembentukan (belum membelah). Dan kita tidak memerlukan vektor dalam teknik ini.  Percobaan DNA mikroinjeksi pertama kali dicoba pada tikus

2.        Transfer gen dengan media retrovirus
Transfer gen dengan media retrovirus menggunakan retrovirus sebagai vector, kemudian menginjeksikan DNA ke dalam sel inang. DNA dari retrovirus berintegrasi ke dalam germ untuk bekerja.  Meskipun embrio dapat diinfeksi retrovirus sampai pertengahan kebuntingan, sel telur awal biasanya pada tahap 4-16 sel digunakan untuk infeksi dengan satu atau lebih rekombinan retrovirus mengandung gen asing. Segera setelah infeksi, retrovirus memproduksi copy DNA dari genom mRNA menggunakan enzim virus yaitu reverse transcriptase. kebanyakan retrovirus dan keturunan sejenis merupakan ecotropic yaitu hanya menginfeksi rodensia seperti tikus dan mencit dibandingkan manusia.
3.        Teknologi sel stem embrionik
Teknologi yang melibatkan sel ES dan sel germ primordial, telah digunakan untuk memproduksi host model tikus. Pluripotensial sel ES didapat dari embrio pre-implantasi awal dan dipertahankan pada kultur selama periode tertentu untuk menunjukkan beberapa manipulasi in vitro. Sel mungkin diinjeksi langsung pada blastocoel blastosit host atau diinkubasi bergabung dengan morula. Embrio host kemudian ditransfer pada host intermediate atau betina pengganti untuk kelanjutan perkembangan. Efisiensi produksi tikus chimera menghasilkan 30% keturunan hidup yang mengandung jaringan terderivasi dari sel stem terinjeksi.

Artikel Terkait

Hewan-Hewan Transgenik: Pengembangan Dengan Teknik DNA Mikroinjeksi, Transfer Gen Via Retrovirus, serta Teknologi Sel Stem Embrionik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email