Wednesday 13 April 2016

PANDUAN PRAKTIKUM SISTEM EKSKRESI KELAS XI IPA SMA YADIKA NATAR LAMPUNG SELATAN


Judul Ujian Praktik            : Uji Urine
Tujuan                                   : Mengetahui pH urine, kandungan amonia,
                                                kandungan klorida,  
                                                kandungan glukosa, protein di dalam urine
Alat dan bahan:
     1.     Tabung reaksi (5 buah)
     2.     1 set rak tabung reaksi
     3.     Gelas ukur kecil 50 mL dan sejenisnya
     4.     Pipet tetes
     5.     Spiritus
     6.     Kertas indikator pH universal
     7.     Penjepit tabung reaksi
     8.     Lampu bunsen dan pembakar spiritus
     9.     Korek api
    10.   Urine segar
    11.    Larutan biuret
    12.     Larutan benedict/Fehling A dan Fehling B
    13.     Larutan AgNo3

Langkah Kerja:

Kegiatan 1: Mengukur pH urine
·        Masukkan kertas indikator pH universal ke dalam urine
·        Mengamati perubahan warnanya
·        Cocokkan warnanya dengan kertas standar pH
·        Berapa pH-nya, dan apa artinya?

Kegiatan 2: Mengetahui Adanya Amonia Pada Urine
·        Masukkan 1 mL urine ke dalam tabung reaksi
·        Jepit tabung reaksi, dan lalu panaskan tabung reaksi dengan lampu spiritus
·        Bagaimanakah baunya?

Kegiatan 3: Mengetahui Kandungan Klorida Pada Urine
·        Masukkan 2 mL urine ke dalam tabung reaksi
·        Tambahkan larutan AgNO3 5%
·        Apakah yang terjadi? Mengapa demikian?

Kegiatan 4: Uji Glukosa
·        Isilah tabung reaksi dengan 2 mL urine
·        Dengan menggunakan pipet tetes, tambahkan 5 tetes larutan Fehling A dan Fehling B (Benedict) pada urine yang ada pada tabung reaksi
·        Jepit tabung reaksi, lalu panaskan dengan lampu spiritus, lalu catat perubahan warna yang terjadi
·        Apa kesimpulan anda tentang urine yang anda amati? Jelaskan jawabanmu

Kegiatan 5: Uji protein
·        Isilah tabung reaksi dengan 2 mL urine
·        Dengan menggunakan pipet tetes, tambahkan 5 tetes larutan biuret pada urine yang ada di dalam tabung reaksi, biarkan selama 5 menit
·        Amati perubahan warna yang terjadi
·        Apa yang dapat anda simpulkan tentang urine yang anda amati? Berikan penjelasannya !
TABEL HASIL PENGAMATAN:
No.
Nama Siswa
Uji Kandungan Protein
Uji Kandungan Glukosa


pH urine
Warna urine mula-mula
Warna urine setelah ditetesi biuret
pH urine
Warna urine mula-mula
Warna urine setelah ditetesi benedict
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.
















Hal-Hal yang dibahas dalam pembuatan laporan praktikum (laporan dikumpul per individu, jadi masing-masing siswa mengerjakan laporan sendiri-sendiri berdasarkan hasil praktikum dari tiap-tiap kelompok). Point 1 sampai 8 ini sebagai panduan untuk mengerjakan laporan individu, kerjakan di kertas folio bergaris.
1.     Halaman cover
2.     Judul praktikum
3.     Tujuan praktikum
4.     Alat dan bahan
5.     Prosedur kerja (langkah kerja)
6.     Landasan teori (minimal 1 sumber buku, internet, dll)
7.     Hasil pengamatan dan pembahasan
8.     Daftar pustaka
Point-point penting yang harus ada dalam hasil pengamatan dan pembahasan:
1.     Hasil pengamatan berisi tabel hasil pengamatan untuk masing-masing hasil pengamatan per kelompok
2.     Pembahasan berisi point tentang:
a)     Jelaskan bagaimana fungsi ginjal sebagai alat ekskresi
b)    Jelaskan bagaimana tahapan dalam proses pembentukan urine, serta dimana tempat terjadinya !
c)     Silakan dibahas dan dianalisis hasil pengamatan pada tabel yang telah dibuat, hal ini menyangkut analisa terhadap tiap-tiap pH urine tiap siswa, hasil uji protein dan uji kandungan glukosa pada urine tiap-tiap individu
d)    Bagaimanakah sifat urine manusia: Asam, basa, atau netral? Jelaskan !
e)     Jelaskan kandungan urine normal pada manusia !
f)      Bahan-bahan/zat-zat terlarut apa sajakah yang terdapat pada urine primer dan urine sekunder pada ginjal manusia?
g)     Mengapa ada perbedaan warna urine dan perbedaan pH serta hasil uji urine untuk tiap-tiap individu
h)    Bagaimana fungsi larutan benedict dan biuret dalam pengujian kandungan protein maupun uji kandungan glukosa !
i)       Cantumkan juga faktor-faktor yang menyebabkan adanya perbedaan warna urine seseorang sebelum dilakukan tes uji glukosa dan uji protein;
j)       Berdasarkan hasil percobaan uji urine bersama temanmu, apakah ada gangguan atau kelainan yang terjadi pada kandungan urine di antara teman kelompokmu? Gangguan/penyakit apa yang mungkin diderita oleh temanmu tersebut? Bagaimana solusi untuk mencegah penyakit tersebut.

k)     Tuliskan kelainan/penyakit yang mungkin dapat diketahui dari hasil pemeriksaan urine seseorang?

Artikel Terkait

PANDUAN PRAKTIKUM SISTEM EKSKRESI KELAS XI IPA SMA YADIKA NATAR LAMPUNG SELATAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email