Friday 29 April 2016

Sifat Fisika, Kimia, Serta Sumber Pencemaran Timbal (Pb)

   Timbal (Pb) merupakan salah satu bahan kimia yang selain berguna bagi kemashalatan umat manusia, juga ternyata memiliki sifat fisika dan kimia, serta mempunyai dampak yang cukup negatif terhadap lingkungan.

    Timbal juga terkenal sebagai salah satu dari bahan pencemar lingkungan, bisa berupa gas apabila timbal dilepaskan ke udara bebas, atau berbentuk debu yang terhirup oleh manusia ke saluran pernafasan, sehingga tentu saja akan mempunyai dampak buruk bagi kesehatan organ pernafasan teruma paru-paru. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana tentang sifat fisika, sifat kimia, dan juga sumber pencemaran timbal, silakan dibaca pada bagian di bawah ini:

1.      Sifat Fisika dan Kimia logam Timbal (Pb)

1. Merupakan logam yang lunak sehingga dapat dipotong dengan menggunakan
    pisauatau dengan tangan dan dapat dibentuk dengan mudah.
2. Merupakan logam yang tahan terhadap peristiwa korosi atau karat, sehingga
    logamtimbal sering digunakan sebagai bahan coating.
3. Mempunyai titik lebur rendah, hanya 327,5° C.
4.Mempunyai kerapatan yang lebih besar dibandingkan dengan
   logam-logam biasa,kecuali emas dan merkuri.
5.Merupakan penghantar listrik yang tidak baik.

2.      Sumber Pencemaran Timbal

Timbal di udara terutama berasal dari penggunaan bahan bakar bertimbal yangdalam pembakarannya melepaskan timbale oksida berbentuk debu/partikulat yangdapat terhirup oleh manusia. 

Mobil berbahan bakar yang mengandung timbale melepaskan 95 persen timbale yang mencemari udara di Negara berkembang.Sedangkan dalam air minum, timbal dapat berasal dari kontaminasi pipa,solder dankran air.Kandungan timbal dalam air sebesar 15 mg/l dianggap sebagai konsentrasi yangaman untuk dikonsumsi. 

Dalam makanan, timbale berasal dari kontaminasi kalengmakanan dan minuman dan solder yang bertimbal. Kangdungan timbal yang tinggiditemukan dalam sayuran terutama sayuran hijau (Palar, 2008).


Artikel Terkait

Sifat Fisika, Kimia, Serta Sumber Pencemaran Timbal (Pb)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email