FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lampung

Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Recent Comments

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Automatic Elvira Links Free Backlink Service, Links Building 4 Free Florists Links Text Back Link Exchange PR Checker HyperSmash Pingates Google Pagerank icon Free PageRank Checker Wahid Biyobe Free Web Submission Text Back Links Exchanges

Meta Tag Generator

PR Checker

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Manusia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Jenjang Sekolah           :  S M P Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran             :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2X Pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.6.
Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan macam organ dan jaringan penyusun sistem transportasi manusia..
2.      Siswa dapat menjelaskan sistem peredaran darah manusia.
3.      Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi darah.
4.      Siswa dapat mengidentifikasi golongan darah.
5.      Siswa dapat mengidentifikasi kelainan dan penyakit yang terdapat pada sistem transpor manusia.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Sistem transpor pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, observasi, dan percobaan
      3.  Model Pembelajaran     :  Pembelajaran langsung dan kooperatif.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apa peranan jantung dalam sistem transpor manusia ?
                  2)  Bagaimana bedanya vena dan arteri ?
                  3)  Termasuk sistem peredaran darah apakah sistem peredaran darah manusia?

            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami proses pernafasan pada manusia.

      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat menjelaskan macam organ dan jaringan penyusun sistem transportasi manusia..
F     Siswa dapat menjelaskan sistem peredaran darah manusia.
F     Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi darah.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa dengan bimbingan guru melakukan percobaan tentang denyut pembuluh darah dan dilanjutkan diskusi organ dan jaringan penyusun sistem transpor dan sistem peredaran darah manusia
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
F     Guru memberi tugas rumah.

      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Tersusun dari apakah darah kita ?
                  2)  Mengapa darah kita berwrna merah, dapat membunuh kuman yang masuk tubuh dapat mengedarkan O2, CO2 dan zat makanan serta dapat membeku ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ dan jaringan penyusun sistem transpor manusia..

      2.  Kegiatan Inti    
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat mengidentifikasi golongan darah.
F     Siswa dapat mengidentifikasi kelainan dan penyakit yang terdapat pada sistem transpor manusia.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Dengan bimbingan guru, siswa melakukan percobaan tentang darah dan diskusi masalah struktur fungis darah
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan
      2.  Model / Charta organ peredaran darah dan struktur darah.

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku IPA Terpadu .                 
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.  Model / Charta organ peredaran darah dan struktur darah
      4.  Siswa dan guru.

G.  Penilaian.  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia


·       Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah

·        Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Tes tulis





Tes tulis




Penugasan
Tes PG





Tes uraian




Tugas rumah
Fungsi darah putih ....
a. mengangkut oksigen
b. mengangkut sari makanan
c. membunuh kuman
d. membawa karbondioksida

Deskripsikan susunan darah manusia !


Buatlah daftar nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari


                                   

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :






Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Wahid Priyono - Minggu, 30 September 2012 - 13.26

Belum ada komentar untuk "Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Manusia"

Poskan Komentar