RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang
Sekolah : S M P Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas /
Semester : VIII / I
Alokasi
waktu : 4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.1.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang
daun dan bunga.
2.
Siswa
dapat menjelaskan transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan..
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
-
Struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
- Transportasi air dan garam mineral pada
tumbuhan
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual dan lingkungan
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen
3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimanakah struktur pada akar, batang, daun
dan bunga ?
2) Faktor
apakah yang mempengaruhi transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami organ-organ penyusun tumbuhan.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang daun
dan bunga.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Dengan petunujuk dan
bimbingan guru, siswa melakukan
observasi struktur/bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan.
F
Guru
memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Bagaimanakah
cara Transportasi
air dan garam mineral pada tumbuhan.
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami garam mineral pada tumbuhan.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat menjelaskan transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
1.
Alat dan bahan
F. Sumber Pembelajaran
1.
Buku IPA yang relevan.
2.
Model / Charta struktur akar, batang, daun dan bunga.
3.
Siswa dan guru.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menjelaskan struktur
dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun
·
Menunjukkan
letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·
Menjelaskan
fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
·
Menunjukkan
bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
|
Tes tulis
Tes Unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
PG
Tes
identifikasi
Tes uraian
Tes
PG
|
Yang
berfungsi mengangkut hasil fotositesis adalah ....
a.
Xilem
c. Stomata
b.
Floem
d.Lenti sel
Berdasarkan
carta struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek dan letak
epidermis
Deskripsikan
fungsi jaringan meristem pada bagian ujung akar
Bagian daun
yang melakukan foto sintesis adalah ....
a.
plastida
c .lenti sel
b.
stomata d.kortex
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan (Akar, Batang, Daun, Bunga)
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.