Sunday 30 September 2012

Contoh RPP IPA Terpadu Berkarakter---SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Mikroskop dan Penggunaannya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                               :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                    :    3 X 40’

Standar Kompetensi           :     5.     Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

 

Kompetensi Dasar              :     5.3   Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.


Tujuan Pembelajaran        :     Peserta didik dapat:
1.          Menyebutkan nama bagian-bagian mikroskop.
2.          Menunjukkan nama bagian-bagian mikroskop.
3.          Menjelaskan fungsi bagian-bagian mikroskop.
4.          Menggunakan mikroskop dengan benar.
5.          Menyebutkan nama bentuk sayatan.
6.          Membuat sayatan (melintang dan membujur).
7.          Membuat preparat basah.
8.          Membuka penutup tubuh hewan.
9.          Mengoleksi makhluk hidup.
10.      Menjelaskan cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Mikroskop
Metode Pembelajaran        :     Model
                                                  -       Direct Instruction (DI)
                                                  -       Cooperative Learning
                                                  Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Demonstrasi
                                                  -       Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan


PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Alat apakah yang digunakan untuk melihat benda yang sangat kecil?
            -     Pernahkah kalian melihat mikroskop?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan mikroskop?
            -     Bagaimana cara menggunakan mikroskop?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan mikroskop.

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menyebutkan nama bagian-bagian mikroskop.
F     Menunjukkan nama bagian-bagian mikroskop.
F     Menjelaskan fungsi bagian-bagian mikroskop.
F     Menggunakan mikroskop dengan benar.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian mikroskop dan kegunaannya.
F     Guru menunjukkan bagian-bagian mikroskop dan menunjukkannya kepada peserta didik.
F     Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
F     Guru mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan mikroskop, pengamatan pada suatu objek, cara menggambar hasil, menentukan bangun benda dan ukuran benda di bawah mikroskop.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mikroskop, gelas benda, kaca penutup, potongan kertas, dan rambut.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati objek dengan mikroskop.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengetahui dan memahami cara mengukur objek mikroskopis dengan mikroskop.
F     Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan mikroskop, mikrometer, gratikula dan lalat buah.
F     Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§     Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bagaimana cara membuat sayatan?
            -     Pernahkah kalian membuat preparat basah?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan sayatan?
            -     Bagaimana cara membuat preparat basah?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan mikroskop.

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menyebutkan nama bentuk sayatan.
F     Membuat sayatan (melintang dan membujur).
F     Membuat preparat basah.
F     Membuka penutup tubuh hewan.
F     Mengoleksi makhluk hidup.
F     Menjelaskan cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sayatan dan jenisnya.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai tujuan membuat sayatan.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mikroskop, silet, pinset, cawan kecil, pipet tetes, gelas benda, gelas penutup, botol bekas kopi, plastik, air kolam, batang yang muda dan tidak berkayu.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuat sayatan dan preparat basah.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan maksud membuka penutup tubuh hewan.
F     Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen membuka penutup tubuh hewan.
F     Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan gunting, jarum pentul, pinset, nampan bedah, parafin, ikan, katak dan kloroform.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Guru menjelaskan cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.

§     Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.



c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku referensi yang relevan
c.   Alat-alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-          Mengenal bagian-bagian mikroskop
-          Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja
Tes identifi-kasi

Uji petik kerja prosedur
Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop!

Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud!
c.   Contoh Instrumen:
      -     Contoh uji petik kerja prosedur
            Tentukan dan sebutkan bagian-bagian mikroskop.

No
Aspek
Skor
 1.
Kelengkapan bagian mikroskop yang disebut namanya
1
2
Kebenaran posisi setiap bagian mikroskop yang disebut namanya
2
 Skor maksimum
3

      -     Contoh tes uraian
             Jelaskan bagaimana cara membuat preparat irisan membujur batang.
       
                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :


                                                                                     

Artikel Terkait

Contoh RPP IPA Terpadu Berkarakter---SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Mikroskop dan Penggunaannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email