RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 3 X 40’
Standar Kompetensi : 5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi
Dasar : 5.3 Menggunakan
mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
kehidupan.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan
nama bagian-bagian mikroskop.
2.
Menunjukkan
nama bagian-bagian mikroskop.
3.
Menjelaskan
fungsi bagian-bagian mikroskop.
4.
Menggunakan
mikroskop dengan benar.
5.
Menyebutkan
nama bentuk sayatan.
6.
Membuat
sayatan (melintang dan membujur).
7.
Membuat
preparat basah.
8.
Membuka
penutup tubuh hewan.
9.
Mengoleksi
makhluk hidup.
10.
Menjelaskan
cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Mikroskop
Metode Pembelajaran : Model
-
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
Metode
-
Diskusi kelompok
-
Demonstrasi
-
Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Alat
apakah yang digunakan untuk melihat benda yang sangat kecil?
- Pernahkah
kalian melihat mikroskop?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah
yang dimaksud dengan mikroskop?
- Bagaimana
cara menggunakan mikroskop?
. Pra
eksperimen
- Berhati-hatilah
menggunakan mikroskop.
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyebutkan
nama bagian-bagian mikroskop.
F
Menunjukkan
nama bagian-bagian mikroskop.
F
Menjelaskan
fungsi bagian-bagian mikroskop.
F
Menggunakan
mikroskop dengan benar.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian mikroskop dan kegunaannya.
F
Guru
menunjukkan bagian-bagian mikroskop dan menunjukkannya kepada peserta didik.
F
Guru
meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang
ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
F
Guru
mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan mikroskop, pengamatan pada suatu
objek, cara menggambar hasil, menentukan bangun benda dan ukuran benda di bawah
mikroskop.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mikroskop, gelas benda, kaca
penutup, potongan kertas, dan rambut.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati objek
dengan mikroskop.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru
memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengetahui
dan memahami cara mengukur objek mikroskopis dengan mikroskop.
F
Peserta
didik melakukan eksperimen dengan menggunakan mikroskop, mikrometer, gratikula
dan lalat buah.
F
Guru
memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Bagaimana cara membuat sayatan?
-
Pernahkah kalian membuat preparat
basah?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan sayatan?
-
Bagaimana cara membuat preparat basah?
. Pra
eksperimen
-
Berhati-hatilah menggunakan mikroskop.
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyebutkan
nama bentuk sayatan.
F
Membuat
sayatan (melintang dan membujur).
F
Membuat
preparat basah.
F
Membuka
penutup tubuh hewan.
F
Mengoleksi
makhluk hidup.
F
Menjelaskan
cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sayatan dan jenisnya.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai tujuan membuat sayatan.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mikroskop, silet, pinset, cawan
kecil, pipet tetes, gelas benda, gelas penutup, botol bekas kopi, plastik, air
kolam, batang yang muda dan tidak berkayu.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuat sayatan dan
preparat basah.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan maksud membuka penutup tubuh hewan.
F
Guru
memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen membuka
penutup tubuh hewan.
F
Peserta
didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan gunting, jarum
pentul, pinset, nampan bedah, parafin, ikan, katak dan kloroform.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
F
Guru
menjelaskan cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
F
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat-alat
praktikum
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
-
Mengenal bagian-bagian mikroskop
-
Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus,
pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Tes identifi-kasi
Uji petik kerja
prosedur
|
Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop!
Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga
ditemukan objek yang dimaksud!
|
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh
uji petik kerja prosedur
Tentukan
dan sebutkan bagian-bagian mikroskop.
No
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan bagian mikroskop yang disebut
namanya
|
1
|
2
|
Kebenaran posisi setiap bagian mikroskop
yang disebut namanya
|
2
|
Skor
maksimum
|
3
|
- Contoh tes uraian
Jelaskan bagaimana cara membuat preparat
irisan membujur batang.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP IPA Terpadu Berkarakter---SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Mikroskop dan Penggunaannya
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.