Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter--IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Laboratorium Serta Selukbeluknya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                               :     SMPN 1 Natar
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                    :    2 X 40’

Standar Kompetensi           :     5.     Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

 

Kompetensi Dasar              :     5.4   Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.


Tujuan Pembelajaran        :     Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan fungsi dari laboratorium.
2.          Mengetahui peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
3.          Mengetahui cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
4.          Menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
5.          Menjelaskan cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
6.          Mengidentifikasi simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
7.          Menjelaskan arti simbol-simbol dalam bahan kimia.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Keselamatan Kerja

 

Metode Pembelajaran        :     Model

                                                  -       Direct Instruction (DI)

                                                  -       Cooperative Learning
                                                  Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Demonstrasi
               
Langkah-langkah Kegiatan

a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bolehkah kita menghirup bahan kimia secara langsung?
            -     Apakah arti dari tanda silang yang terdapat pada bahan kimia?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Peraturan apa sajakah yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium?
            -     Apakah arti dari simbol-simbol dalam bahan kimia?
b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan fungsi dari laboratorium.
F     Mengetahui peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
F     Mengetahui cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
F     Menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi dari laboratorium.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa alat dan bahan yang terdapat di dalam laboratorium.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
F     Guru mendemonstrasikan cara membawa dan menggunakan alat-alat yang ada di dalam laboratorium demi untuk keselamatan kepada peserta didik.
F     Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai arti simbol-simbol dalam bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) keliling laboratorium untuk mengidentifikasi simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar

a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku referensi yang relevan
c.   Alat dan bahan praktikum

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-          Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara ama

-          Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit

-          Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium

Tes unjuk kerja



Tes tulis







Tes tulis
uji petik kerja produk


PG








PG
Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakuakan mikroskop!

Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang dapat diitemukan di laboratirium?
a. air
b. asam sulfat
c.  alkohol
d.  larutan   glukose

Apakah arti simbol di bawah ini?
 



a. bahan yang mudah terbakar
b. bahan yang beracun
c. alat mudah pecah
d. alat mudah mengalami korosi

                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :


                                                                                     

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter--IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Laboratorium Serta Selukbeluknya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email