Contoh RPP Berkarakter--IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Laboratorium Serta Selukbeluknya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMPN 1 Natar
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 2 X 40’
Standar Kompetensi : 5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi
Dasar : 5.4 Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
fungsi dari laboratorium.
2.
Mengetahui
peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
3.
Mengetahui
cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
4.
Menyebutkan
bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
5.
Menjelaskan
cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
6.
Mengidentifikasi
simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
7.
Menjelaskan
arti simbol-simbol dalam bahan kimia.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Keselamatan Kerja
Metode Pembelajaran : Model
-
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
Metode
-
Diskusi kelompok
- Demonstrasi
Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Bolehkah kita menghirup bahan kimia
secara langsung?
-
Apakah arti dari tanda silang yang
terdapat pada bahan kimia?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Peraturan apa sajakah yang harus
ditaati ketika berada di dalam laboratorium?
- Apakah arti dari simbol-simbol dalam bahan
kimia?
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
fungsi dari laboratorium.
F
Mengetahui
peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
F
Mengetahui
cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
F
Menyebutkan
bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi dari laboratorium.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa alat dan bahan yang
terdapat di dalam laboratorium.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan peraturan yang harus ditaati ketika
berada di dalam laboratorium.
F
Guru
mendemonstrasikan cara membawa dan menggunakan alat-alat yang ada di dalam
laboratorium demi untuk keselamatan kepada peserta didik.
F
Guru
meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang
ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam
laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menyimpan dan mengambil
bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai arti simbol-simbol dalam bahan
kimia yang ada di dalam laboratorium.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) keliling laboratorium untuk mengidentifikasi
simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat
dan bahan praktikum
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
-
Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan
secara ama
-
Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang
dapat menimbulkan penyakit
-
Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
uji petik kerja produk
PG
PG
|
Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakuakan
mikroskop!
Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
yang dapat diitemukan di laboratirium?
a.
air
b.
asam sulfat
c. alkohol
d. larutan
glukose
Apakah arti simbol di bawah ini?
![]()
a. bahan yang mudah terbakar
b. bahan yang beracun
c. alat mudah pecah
d. alat mudah mengalami korosi
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|