Monday 29 October 2012

Lalu Lintas Molekul dan Ion Melewati Membran Sel---Sebuah Paradigma Untuk Mengetahui Apa Yang Dilakukan Oleh Membran Semipermeabel)

-->
2.1 Lalu lintas yang melintasi Membran
Membran biologis merupakan contoh sempurna dari struktur supramolekul-banyak molekul yang disusun ke dalam tingkat organisasi yang lebih tinggi dengan sifat-sifat yang baru muncul melebihi sifat-sifat molekul individunya. Kemampuan untuk mengatur transport melintasi batas seluler, suatu fungsi yang mendasar untuk keberadaan sel sebagai sistem terbuka. Model mosaik fluida membantu menjelaskan bagaimana membran mengatur lalu-lintas molekul sel.
Suatu lalu lintas yang tunak dari molekul dan ion kecil bergerak melintasi membran plasma dalam dua arah. Perhatikan pertukaran kimiawi antara sel otot dan fluida ekstraseluler yang membasahinya, gula, asam amino, dan nutrien lain memasuki sel, dan produk limbah metabolisme meninggalkan sel. Sel menyerap oksigen untuk respirasi seluler dan mengeluarkan karbondioksida.
Inti hidrofobik membran menghalangi transport ion dan molekul polar, yang bersifat hidrofilik. Molekul hidrofibik, seperti hidrokarbon, karbondioksida, dan oksigen, dapat larut dalam membran dan melintasinya dengan mudah. Molekul yang sangat kecil polar tetpi tidak bermuatan juga dapat lewat melalui membran dengan cepat. Contoh-contohnya ialah air dan etanol, yang cukup kecil untuk dapat lewat  diantara lipid-lipid membran. Bilayer lipid tidak sangat permeabel terhadap molekul polar, tak bermuatan yang lebih besar, seperti glukosa dan gula lain.
Bilayer ini juga relatif tidak permeable terhadap semua ion, sekalipun ion itu kecil seperti H+ dan Na+. Atom atau molekul bermuatan dan lapisan airnya sulit menembus lapisan hidrofobik membran. Akan tetapi, bilayer lipid hanyalah salah satu bagian cerita tentang permeabilitas selektif membran. Protein yang ada di dalam membran memainkan peran penting dalam pengaturan transpor. ( Campbell. 2002).

Artikel Terkait

Lalu Lintas Molekul dan Ion Melewati Membran Sel---Sebuah Paradigma Untuk Mengetahui Apa Yang Dilakukan Oleh Membran Semipermeabel)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email