FB My Tweet Website Owner Follow Twet Islami Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

Alumni Pendidikan Biologi Universitas Lampung

Powered by Blogger.

Category

Recent Comments

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Automatic Elvira Links Free Backlink Service, Links Building 4 Free Florists Links Text Back Link Exchange PR Checker HyperSmash Pingates Google Pagerank icon Free PageRank Checker Wahid Biyobe Free Web Submission Text Back Links Exchanges

Meta Tag Generator

PR Checker

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 1 Pada Materi Pokok Adaptasi Makhluk Hidup, Seleksi Alam, dan Perkembangbiakkan Makhluk Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


                                 Jenjang Sekolah                 :     SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
                                 Mata Pelajaran                   :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester                :     IX / 1
                                 Alokasi Waktu                   :     4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )


Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar 2.1 :
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
3.      Siswa dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
4.      Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi makhluk hidup.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.      Materi Pembelajaran
1.      Adaptasi Makhluk Hidup
2.      Seleksi Alam
3.      Perkembangbiakkan Makhluk Hidup

C.      Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                           :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi, Percobaan
3.  Model Pembelajaran             :      Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran                
         Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Ada berapa macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.

2.      Kegiatan Inti :
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
F     Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada tumbuhan
F     Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada hewan
F     Siswa diminta mengamati adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

         Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Bagaimana terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.

2.      Kegiatan Inti :
§      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F     Siswa dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia.
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Siswa melakukan percobaan proses kepunahan organisme
F     Siswa diminta diskusi tentang perkembangbiakan makhluk hidup
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
                                
E.      Media Pembelajaran
         Alat dan bahan



F.      Sumber Belajar
1.      Buku IPA Terpadu
2.      Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup

·   Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
·   Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
·   Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi     kelangsungan hidup
·   Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan

·   Tes tertulis







·   Tes tertulis


·   Tes tertulis



·   Tes tertulis


·   Penugasan
·   PG







·   Isian


·   Uraian



·   Isian


·   Tugas rumah


·   Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan .....
a. hibernasi
b.          reproduksi
c. adaptasi
d.          toleransi
·   Badak bercula satu hampir punah karena selain habitatnya rusak juga disebabkan ....
·   Hubungan interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan erat dengan  seleksi alam? Berikan contohnya!
·   Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki kemampuan untuk ....
·   Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis tumbuhan dan hewan
                                                                          
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel IPA




(_______________________)
NIP/NIK :.............................

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Wahid Priyono - Monday, 1 October 2012 - 06:45

Belum ada komentar untuk "Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 1 Pada Materi Pokok Adaptasi Makhluk Hidup, Seleksi Alam, dan Perkembangbiakkan Makhluk Hidup"

Post a Comment