Belajar Biologi, Pendidikan, Internet

 

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 1 Pada Materi Pokok Adaptasi Makhluk Hidup, Seleksi Alam, dan Perkembangbiakkan Makhluk Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


                                 Jenjang Sekolah                 :     SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
                                 Mata Pelajaran                   :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester                :     IX / 1
                                 Alokasi Waktu                   :     4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )


Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar 2.1 :
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
3.      Siswa dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
4.      Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi makhluk hidup.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.      Materi Pembelajaran
1.      Adaptasi Makhluk Hidup
2.      Seleksi Alam
3.      Perkembangbiakkan Makhluk Hidup

C.      Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                           :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi, Percobaan
3.  Model Pembelajaran             :      Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran                
         Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Ada berapa macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.

2.      Kegiatan Inti :
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
F     Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada tumbuhan
F     Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada hewan
F     Siswa diminta mengamati adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

         Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Bagaimana terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.

2.      Kegiatan Inti :
§      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F     Siswa dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia.
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Siswa melakukan percobaan proses kepunahan organisme
F     Siswa diminta diskusi tentang perkembangbiakan makhluk hidup
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
                                
E.      Media Pembelajaran
         Alat dan bahan



F.      Sumber Belajar
1.      Buku IPA Terpadu
2.      Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup

·   Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
·   Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
·   Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi     kelangsungan hidup
·   Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan

·   Tes tertulis







·   Tes tertulis


·   Tes tertulis



·   Tes tertulis


·   Penugasan
·   PG







·   Isian


·   Uraian



·   Isian


·   Tugas rumah


·   Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan .....
a. hibernasi
b.          reproduksi
c. adaptasi
d.          toleransi
·   Badak bercula satu hampir punah karena selain habitatnya rusak juga disebabkan ....
·   Hubungan interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan erat dengan  seleksi alam? Berikan contohnya!
·   Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki kemampuan untuk ....
·   Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis tumbuhan dan hewan
                                                                          
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel IPA




(_______________________)
NIP/NIK :.............................

Comments :

0 comments to “Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 1 Pada Materi Pokok Adaptasi Makhluk Hidup, Seleksi Alam, dan Perkembangbiakkan Makhluk Hidup”

Post a Comment

Loading...

Profil Saya di Google+

Blog Archive

 
Wahid P.,S.Pd.
Copyright © 2012 wahid-biyobe.blogspot.com. All Rights Reserved.Share In Premium WP Themes | Powered By Blogger.com