RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas
/ Semester : IX / 1
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar
Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar 2.1 :
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk
hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
2.
Siswa
dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
3.
Siswa
dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
4.
Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi
makhluk hidup.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
1.
Adaptasi
Makhluk Hidup
2.
Seleksi
Alam
3.
Perkembangbiakkan
Makhluk Hidup
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi, Percobaan
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Ada
berapa macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
b. Prasyarat
Pengetahuan :
Siswa
telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.
Kegiatan
Inti :
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
F Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam
adaptasi pada makhluk hidup.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Siswa diminta mengamati
adaptasi morfologi pada tumbuhan
F Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada hewan
F Siswa diminta mengamati
adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Bagaimana
terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
b. Prasyarat
Pengetahuan :
Siswa
telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.
Kegiatan
Inti :
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F
Siswa
dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Siswa melakukan percobaan proses kepunahan organisme
F Siswa diminta diskusi tentang perkembangbiakan
makhluk hidup
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku
IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Mengaitkan perilaku
adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
· Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup
akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
· Mendeskripsikan
hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
· Menjelaskan
peran perkembangbiakan bagi
kelangsungan hidup
·
Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan
hewan
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Penugasan
|
·
PG
·
Isian
·
Uraian
·
Isian
·
Tugas rumah
|
·
Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub
di musim dingin melakukan .....
a.
hibernasi
b.
reproduksi
c.
adaptasi
d.
toleransi
·
Badak bercula satu hampir punah karena selain
habitatnya rusak juga disebabkan ....
·
Hubungan interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan
erat dengan seleksi alam? Berikan
contohnya!
·
Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki
kemampuan untuk ....
·
Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis
tumbuhan dan hewan
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :.............................
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel IPA
(_______________________)
NIP/NIK :.............................
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 1 Pada Materi Pokok Adaptasi Makhluk Hidup, Seleksi Alam, dan Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.