Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 1 Pada Materi Pokok Adaptasi Makhluk Hidup, Seleksi Alam, dan Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
                                 Jenjang
Sekolah                 :     SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
                                 Mata
Pelajaran                   :     IPA Terpadu
                                 Kelas
/ Semester                :     IX / 1
                                 Alokasi
Waktu                   :     4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar
Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar 2.1 :
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk
hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.
A.     Tujuan
Pembelajaran
1.     
Siswa
dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
2.     
Siswa
dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
3.     
Siswa
dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
4.     
Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi
makhluk hidup.
v     
Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence ) 
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.      Materi
Pembelajaran
1.     
Adaptasi
Makhluk Hidup
2.     
Seleksi
Alam
3.     
Perkembangbiakkan
Makhluk Hidup
C.      Metode
Pembelajaran
         1.   Pendekatan                           :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi, Percobaan
3.  Model Pembelajaran             :      Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D.     Langkah-langkah
Pembelajaran                 
         Pertemuan Pertama 
1.     
Kegiatan
Pendahuluan
a.   Motivasi
:
      Ada
berapa macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
b.   Prasyarat
Pengetahuan :
      Siswa
telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.     
Kegiatan
Inti :
§    
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F    
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F    
Siswa
dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
F     Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam
adaptasi pada makhluk hidup.
F    
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F    
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F    
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F    
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§    
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F     Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Siswa diminta mengamati
adaptasi morfologi pada tumbuhan 
F     Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada hewan 
F     Siswa diminta mengamati
adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§    
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F    
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa 
F    
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan  dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F    
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F    
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F    
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F    
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
         Pertemuan Kedua 
1.     
Kegiatan
Pendahuluan
a.   Motivasi
:
      Bagaimana
terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
b.   Prasyarat
Pengetahuan :
      Siswa
telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.     
Kegiatan
Inti :
§    
 Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F    
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F    
Siswa
dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F    
Siswa
dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia.
F    
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F    
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F    
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F    
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§    
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F     Siswa melakukan percobaan proses kepunahan organisme 
F     Siswa diminta diskusi tentang perkembangbiakan
makhluk hidup 
F     Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§    
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø     
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø     
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø     
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø     
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø     
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 
3. Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F    
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F    
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F    
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F    
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E.      Media Pembelajaran
         Alat dan bahan 
F.      Sumber Belajar
1.     
Buku
IPA Terpadu 
2.     
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G.     Penilaian
| 
   
Indikator Pencapaian
  Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/
  Soal 
 | 
 
| 
   
·   Mengaitkan perilaku
  adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup 
·   Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup
  akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki 
·   Mendeskripsikan
  hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam 
·   Menjelaskan
  peran perkembangbiakan bagi    
  kelangsungan hidup 
·  
  Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan
  hewan 
 | 
  
   
·  
  Tes tertulis 
·  
  Tes tertulis 
·  
  Tes tertulis 
·  
  Tes tertulis 
·  
  Penugasan 
 | 
  
   
·  
  PG 
·  
  Isian 
·  
  Uraian 
·  
  Isian 
·  
  Tugas rumah 
 | 
  
   
·  
  Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub
  di musim dingin melakukan ..... 
a.
  hibernasi 
b.         
  reproduksi 
c.
  adaptasi 
d.         
  toleransi 
·  
  Badak bercula satu hampir punah karena selain
  habitatnya rusak juga disebabkan ....  
·  
  Hubungan interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan
  erat dengan  seleksi alam? Berikan
  contohnya! 
·  
  Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki
  kemampuan untuk .... 
·  
  Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis
  tumbuhan dan hewan 
 | 
 
| 
   
Mengetahui, 
Kepala SMP/MTs …………… 
(__________________________) 
NIP/NIK :............................. 
 | 
  
   | 
  
   
…..,……………………  20 ……. 
Guru Mapel IPA 
(_______________________) 
NIP/NIK :............................. 
 |