Tuesday 9 October 2012

Keunggulan/Kelebihan Serta Kekurangan Metode Pembelajaran Inquiry Bebas dan Terbimbing

2.1    Keunggulan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Inquiry
Berikut ini ada beberapa keunggulan Inquiry yaitu sebagai berikut :
1.      Dapat membentuk dan mengembangkan self concept pada diri siswa sehingga siswa dapat mengerti tentang konsep dasar dan ide-ide yang lebih baik.
2.      Membantu dalam menggunakan ingatan dan transfer pada situasi proses belajar yang baru
3.      Mendorong siswa untuk berpikir dan bekerja atas inisiatifnya sendiri, beriskap objektif, jujr, dan terbuka.
4.      Mendorong siswa untuk bersikap intuitif, dan merumuskan hipotesanya sendiri
5.      Member kepuasan yang berifatintrisik
6.      Situasi proses belajar menjadi lebih terangsang
7.      Dapat mengembangkan bakat atau kecakapan individu
8.      Memberi kebebasan siswa untuk belajar sendiri
9.      Siswa dapat menghindari dari cara-cara belajar tradisional
10.  Dapat memberikan waktu pada siswa secukupnya sehingga mereka dapat mengasimilasi dan mengakomodasi informasi.
(Roestiyah, 2008 : 76 - 77)
Keunggulan metode inquiry :
¨        Mendorong siswa berpikir secara ilmiah dalam setai pemecahan masalah yang dihadapi
¨        Membantu dalam menggunakan ingatan, dan transfer pengetahuan pada situasi proses pengajaran
¨        Mendorong siswa untuk berfikir kreatif dan intuitif, dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri
¨        Menumbuhkan sikap obyektif, jujur dan terbuka
¨        Situasi proses belajar mengajar menjadi hidup dan dinamis

Kekurangan metode inquiry :
¨        Memerlukan perencanaan yang teratur dan matang. Bagi guru yang terbiasa dengan cara tradisional, merupakan beban yang memberatkan
¨        Pelaksanaan pengajaran melalui metode ini, dapat memakan watu yang cukup panjang. Apalagi proses pemecahan masalah itu memerlukan pembuktian secara ilmiah
¨        Proses jalannya inquiry akan menjadi terhambat, apabila siswa telah terbiasa cara belajar “nrimo” tanpa kritik dan pasif apa yang diberikan oleh gurunya
¨        Tidak semua materi pelajaran mengandung masalah. Akan tetapi justru memerlukan pengulangan dan penanaman nilai. Misalnya pada pengajaran agama, mengenai keimanan, ibadah dan akhlak
¨         Metode inquiry ini baru dilaksanakan pada tingkat SLTA, Perguruan Tingi. Dan untuk tingkat SLTP dan tingkat SD masih sulit dilaksanakan. Sebab pada tingkat tersbeut anak didik belum mampu berpikir secara ilmiah, merupakan ciri dari metode inquiry.


Artikel Terkait

Keunggulan/Kelebihan Serta Kekurangan Metode Pembelajaran Inquiry Bebas dan Terbimbing
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email