2.1
Keunggulan
dan Kekurangan Metode Pembelajaran Inquiry
Berikut ini ada beberapa keunggulan
Inquiry yaitu sebagai berikut :
1.
Dapat membentuk dan mengembangkan “self
concept” pada diri siswa sehingga
siswa dapat mengerti tentang konsep dasar dan ide-ide yang lebih baik.
2.
Membantu dalam menggunakan ingatan dan transfer
pada situasi proses belajar yang baru
3.
Mendorong siswa untuk berpikir dan bekerja atas
inisiatifnya sendiri, beriskap objektif, jujr, dan terbuka.
4.
Mendorong siswa untuk bersikap intuitif, dan
merumuskan hipotesanya sendiri
5.
Member kepuasan yang berifatintrisik
6. Situasi proses belajar menjadi lebih terangsang
7.
Dapat
mengembangkan bakat atau kecakapan individu
8.
Memberi kebebasan siswa untuk belajar sendiri
9.
Siswa
dapat menghindari dari cara-cara belajar tradisional
10.
Dapat
memberikan waktu pada siswa secukupnya sehingga mereka dapat mengasimilasi dan
mengakomodasi informasi.
(Roestiyah, 2008 : 76 - 77)
Keunggulan metode
inquiry :
¨
Mendorong siswa berpikir secara ilmiah dalam
setai pemecahan masalah yang dihadapi
¨
Membantu dalam menggunakan ingatan, dan transfer
pengetahuan pada situasi proses pengajaran
¨
Mendorong siswa untuk berfikir kreatif dan
intuitif, dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri
¨
Menumbuhkan sikap obyektif, jujur dan terbuka
¨
Situasi proses belajar mengajar menjadi hidup
dan dinamis
Kekurangan metode
inquiry :
¨
Memerlukan perencanaan yang teratur dan matang.
Bagi guru yang terbiasa dengan cara tradisional, merupakan beban yang
memberatkan
¨
Pelaksanaan pengajaran melalui metode ini, dapat
memakan watu yang cukup panjang. Apalagi proses pemecahan masalah itu
memerlukan pembuktian secara ilmiah
¨
Proses jalannya inquiry akan menjadi terhambat,
apabila siswa telah terbiasa cara belajar “nrimo” tanpa kritik dan pasif apa
yang diberikan oleh gurunya
¨
Tidak semua materi pelajaran mengandung masalah.
Akan tetapi justru memerlukan pengulangan dan penanaman nilai. Misalnya pada
pengajaran agama, mengenai keimanan, ibadah dan akhlak
¨
Metode
inquiry ini baru dilaksanakan pada tingkat SLTA, Perguruan Tingi. Dan untuk
tingkat SLTP dan tingkat SD masih sulit dilaksanakan. Sebab pada tingkat
tersbeut anak didik belum mampu berpikir secara ilmiah, merupakan ciri dari
metode inquiry.
Keunggulan/Kelebihan Serta Kekurangan Metode Pembelajaran Inquiry Bebas dan Terbimbing
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.